Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 ROTE BARAT LAUT
XMLMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri
1 Rote Barat Laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi
eksperimen. Dalam penelitian ini kelas XI IPS 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen atau
kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning , sedangkan kelas
XI IPS 2 dijadikan sebagai kelas kontrol atau kelas yang menerapkan modelkonvensional.
Populasi yang dibutuhkan sebanyak 70 orang, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak
35 orang. Alat yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar.
Hasil analisis hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 29,2023
menunjukkan bahwa signifikansi hasil belajar siswa adalah 0,000 lebih rendah dari tingkat
signifikansi 0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based
learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1
Rote Barat Laut.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MERI PRISKILA MO’E - Personal Name
|
Student ID |
1901080009
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Mo'e P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |