Inventarisasi Spesies Kepiting Di Perairan Panmuti Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Inventarisasi Spesies Kepiting Di Perairan Panmuti Kabupaten Kupang

XML

Pendataan jenis kepiting dapat dilakukan melalui survey lapangan yang melibatkan observasi langsung pengumpulan data habitat. Metode ini memungkinkan untuk mengidentifikasi spesies kepiting yang ada di suatu kawasan serta memahami preferensi habitat mereka. Data yang terkumpul dari pendataan jenis kepiting ini juga sangat penting dalam merumuskan kebijakan pengelolaan yang tepat. Informasi mengenai jenis kepiting yang mendiami suatu kawasan dapat membantu dalam menetapkan kemungkinan potensi untuk budidaya, musim budidaya yang sesuai, dan langkah-langkah lainnya untuk menjaga keseimbangan ekosistem serta menjaga populasi kepiting tetap berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan menginventarisasi jenis kepting yang tedapat di perairan pesisir Panmuti Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai Januari 2024 yang bertempat di perairan Panmuti, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Pengambilan data dilakukan secarah langsung dilapangan. Adapun bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepiting yang di tangkap di sekitar Perairan Panmuti.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dicari melalui narasumber atau responden, misalnya metode survey yang meliputi instrument yang berupa wawancara. Wawancara pada penelitian ini dilakukan untuk mendapat informasi terkait dengan kepiting yang ada di perairan Panmuti kabupaten Kupang, seperti nama local kepiting dari hasil tangkapan nelayan dan daerah penangkapan. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode observasi yaitu metode penglihatan secara langsung.
. Jenis kepting yang tedapat di perairan pesisir Panmuti Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, terdiri atas tujuh jenis yaitu kepiting bakau [Scylla serrata) dan kepiting rajungan (Portunus pelagicus), Atergatis Sp, Etisus Sp, Eriphia Sp, Eriphia scabricula, Atergatis Sp].

Kata Kunci :Inventarisasi, Kepiting, Panmuti.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SUMIATI ANU - Personal Name
Student ID
171310093
Dosen Pembimbing
FRANCHY CH. LIUFETO - 197604161999031002 - Dosen Pembimbing 1
Wesly Pasaribu - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
FRANCHY CH. LIUFETO - 197604161999031002 - Ketua Penguji
WESLY PASARIBU - - Penguji 1
Yulianus Linggi - 196512031995121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54243
Edisi
Published
Departement
Fakultas Peternakan Kelautan Dan Perikanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.43 ANU I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA