Pengawasan Badan Permusyarawatan Desa terhadap Tata Kelola Keuangan Desa di Desa Hadakewa, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata

Detail Cantuman

Skripsi

Pengawasan Badan Permusyarawatan Desa terhadap Tata Kelola Keuangan Desa di Desa Hadakewa, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata

XML

Desa Hadakewa merupakan salah satu Desa yang memiliki kemajuan teknologi yang cukup maju dibandingkan dari desa yang lain yang ada di Kabupaten Lembata. Namun, realitas menunjukkan adanya tantangan dalam pengawasan dana desa. Oleh karena itu, diperlukan kejelasan aturan dan sistematika pengawasan dana desa untuk mengawasi penerapan program-program yang didanai dari desa sehingga dapat mencegah tindakan penyelewengan oleh aparat pemerintah desa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pengawasan Badan Permusyawaratan Desa terhadap pelaksanaan siklus tata kelola keuangan desa di Desa Hadakewa? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pengawasan tata kelola keuangan desa Hadakewa, berdasarkan asas- asas pengelolaan keuangan desa? Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengidentifikasi pengawasan Badan Permusyawaratan Desa terhadap pelaksanaan siklus pengelolaan keuangan desa. (2) Untuk mengidentifikasi pelaksanaan pengawasan tata kelola keuangan Desa Hadakewa berdasarkan asas- asas pengelolaan keuangan desa yang berlaku.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersumber dari data yang diperoleh langsung berupa pendapat dari para responden yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Keuangan Desa, Tokoh Masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa Hadakewa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pertanggungjawaban pemerintahan desa Hadakewa terkait pengelolaan dana desa memiliki wujud dalam bentuk transparansi dengan laporan realisasi dana desa Laporan ini tidak hanya disampaikan kepada pemerintah kabupaten/kota tetapi juga kepada masyarakat serta Badan Permusyawaratan Desa yang berperan sebagai pengawas penggunaan Dana Desa. Dengan demikian, tindakan ini mencerminkan komitmen Desa guna menjalankan prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan Dana Desa (2) menunjukkan bahwa pelaksanaan pengawasan tata kelola keuangan berdasarkan asas-asas pengelolaan berjalan dengan baik serta seluruh pelaporan penggunaan dana desa dicatat dan dilaporkan secara teliti dari perangkat desa ke Badan Permusyawaratan Desa.

Kata Kunci : Pengawasan, Desa, Tata Kelola Keuangan Desa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
CLARENTIN PUTRI PAUN - Personal Name
Student ID
2002010334
Dosen Pembimbing
Yohanes G. Tuba Helan - 196001101986011002 - Dosen Pembimbing 1
YOHANES TUAN - 196011291988031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Detji K. E. R. Nuban - 19881210 201903 2 018 - Ketua Penguji
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Penguji 1
Yohanes Tuan - 196011291988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 PAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA