Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA TEMA 5 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BANAT KAB. TTS
XMLHasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa dari ke-13 subjek penelitian tersebut, terdapat 7 orang yang tuntas dengan presentase 54% dengan nilai rata-rata 70 dan termasuk kategori cukup, karena siswa memperhatikan penjelasan guru serta berpartisipasi dalam diskusi kelompok sesuai langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe
STAD. Sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 orang dengan presentase 46%,karena guru belum menguasai kelas dengan baik dan belum sepenuhnya menguasai
langkah-langkah model STAD, siswapun belum terbiasa dengan model pembelajaran STAD serta kurang teliti dalam mengerjakan soal tes. Penelitian siklus II mengalami
peningkatan, dilihat dari ke-13 subjek tersebut, terdapat 12 orang yang tuntas dengan presentase 92%, perolehan nilai rata-ratanya 83,84 dan terdapat pada kategori sangat baik,
karena siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan baik. Sedangkan terdapat 1 orang siswa tidak tuntas dengan presentase 8% karena masih kurang aktif dalam diskusi kelompok dan kurang teliti dalam mengerjakan soal evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran tema 5, sub tema 1, pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Banat.
Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Ekosistem, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Serniati I. Banamtuan - Personal Name
|
Student ID |
1901140314
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ban P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |