Skripsi
Peningkatan Literasi Sains Dengan Model Pbl Berbasis Media Digital Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 9 Kupang Timur
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbasis media digital pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 9 Kupang Timur Tahun Ajaran 2024/2025.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah 16 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang peserta didik perempuan. Adapun instrumen penilaian yang digunakan yaitu soal pilihan ganda dan soal essay. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan literasi, hasil analisis observasi aktivitas peserta didik dan aktivitas guru dalam mengelola kelas.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, dengan menggunakan model PBL berbasis media digital dengan dua siklus menunjukkan literasi peserta didik berdasarkan indikator literasi mengidentifikasi siklus I memperoleh nilai 72,41 dengan kriteria tinggi dan pada siklus II memperoleh nilai 83,25 dengan kriteria sangat tinggi. Sementara indikator menginterpretasi pada siklus I memperoleh nilai 64,94 dengan kriteria cukup tinggi dan pada siklus II memperoleh nilai 79,31 dengan kriteria tinggi. Pada indikaor memahami siklus I memperoleh nilai 65,51 dengan kriteria cukup tinggi dan pada siklus II memperoleh nilai 83,74 dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan pada indikator menerapkan siklus I memperoleh nilai 92,82 dengan kriteria sangat tinggi dan pada siklus II dengan nilai 69,95 kriteria cukup tinggi. Sementara hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I memperoleh nilai 72,8% dengan kriteria aktif sementara siklus II memperoleh 93,5% dengan kriteria sangat aktif. Sementara aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 80,6% dengan kriteria sangat baik sedangkan siklus II memperoleh nilai 96% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbasis media digital memiliki pengaruh positif dan literasi sains siswa meningkat pada kelas VIII SMP Negeri 9 Kupang Timur.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Sains, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Media Digital
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
BERGITA TEFINSIA DHOA - Personal Name
|
Student ID |
2001040007
|
Dosen Pembimbing |
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Penguji 1 Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 DHO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |