Peningkatan Literasi Sains Dengan Model Pbl Berbasis Media Digital Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 9 Kupang Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Literasi Sains Dengan Model Pbl Berbasis Media Digital Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 9 Kupang Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbasis media digital pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 9 Kupang Timur Tahun Ajaran 2024/2025.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah 16 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang peserta didik perempuan. Adapun instrumen penilaian yang digunakan yaitu soal pilihan ganda dan soal essay. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan literasi, hasil analisis observasi aktivitas peserta didik dan aktivitas guru dalam mengelola kelas.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, dengan menggunakan model PBL berbasis media digital dengan dua siklus menunjukkan literasi peserta didik berdasarkan indikator literasi mengidentifikasi siklus I memperoleh nilai 72,41 dengan kriteria tinggi dan pada siklus II memperoleh nilai 83,25 dengan kriteria sangat tinggi. Sementara indikator menginterpretasi pada siklus I memperoleh nilai 64,94 dengan kriteria cukup tinggi dan pada siklus II memperoleh nilai 79,31 dengan kriteria tinggi. Pada indikaor memahami siklus I memperoleh nilai 65,51 dengan kriteria cukup tinggi dan pada siklus II memperoleh nilai 83,74 dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan pada indikator menerapkan siklus I memperoleh nilai 92,82 dengan kriteria sangat tinggi dan pada siklus II dengan nilai 69,95 kriteria cukup tinggi. Sementara hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I memperoleh nilai 72,8% dengan kriteria aktif sementara siklus II memperoleh 93,5% dengan kriteria sangat aktif. Sementara aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 80,6% dengan kriteria sangat baik sedangkan siklus II memperoleh nilai 96% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbasis media digital memiliki pengaruh positif dan literasi sains siswa meningkat pada kelas VIII SMP Negeri 9 Kupang Timur.

Kata Kunci: Kemampuan Literasi Sains, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Media Digital


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BERGITA TEFINSIA DHOA - Personal Name
Student ID
2001040007
Dosen Pembimbing
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Penguji 1
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 DHO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA