Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Ekosistem Sub Tema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oetete 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Ekosistem Sub Tema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oetete 1 Kupang

XML

ABSTRAK

Suek, Delfi. 2021. Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL)
Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Ekosistem Sub Tema 2 Hubungan
Antar Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V
SD Negeri Oetete 1 Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa
Cendana. Pembimbing: (I) Drs. Gaspar Melo, S.Pd., M.Pd. (II) Netty E.A
Nawa, S.Pd., M,Pd.

Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Tematik dan
Hasil belajar

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu baik intra maupun antar mata pelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Model contextual teaching and learning merupakan pembelajaran yang holistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dan mengaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model contextual teaching and learning berbasis tematik dalam pembelajaran tentang rantai makanan pada tema 5 sub tema 2 pembelajaran 1 di kelas V SD Negeri Oetete 1 Kupang. Dengan rumusan masalah yang diambil yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar tentang rantai makanan pada pembelajaran 1 subtema 2 tema 5 melalui penerapan model pembelajaran CTL di kelas V SD Negeri Oetete 1 Kupang?
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan lokasi penelitian di SD Negeri Oetete 1 Kupang. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA (Lima A) berjumlah 20 orang. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman observasi dan tes hasil belajar untuk mengukur sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan analisis data. Kegiatan analisis data dimulai dengan menghitung menggunakan rumus penilaian hasil belajar siswa dan persentase hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pada siklus I secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa adalah 74,4% dan pada siklus II 85,05% . Selisih kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 10,65%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan dimana ≥ 80% siswa mendapat nilai ≥ 75. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang rantai makanan pada tema 5 ekosistem subtema 2 hubungan antar makhluk hidup pembelajaran 1 di kelas V SD Negeri Oetete 1 Kupang.


Detail Information

Item Type
Penulis
Delfi Mahalia Suek - Personal Name
Student ID
1601140103
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sue P
Copyright
Universitas Nusa Cendana
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA