Disertasi
Pengaruh Public Service Values Berbasis Terapeutik Terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Rumah Sakit Rujukan Provinsi Nusa Tenggara Timur
XMLBaik atau buruknya nilai pelayanan publik rumah sakit sangat ditentukan oleh pelaku rumah sakit yaitu pelaksana, direksi/manajemen dan pemilik rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh: komitmen, integritas, transparansi, komunikasi terapeutik pelaku rumah sakit (pelaksana, direksi/manajemen, pemilik) terhadap keahlian/kompetensi pelayanan publik dan kualitas pelayanan publik serta pemetaan model public service values berbasis terapeutik dalam pelayanan publik di Rumah Sakit Rujukan Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang diberikan/dibagikan kepada 240 responden yaitu pasien dan keluarga pasien. Analisa data dengan Uji SEM PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa keahlian/kompetensi dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu komitmen (t statistik 1,447; p=0,148), integritas (t statistik 15,707; p=0,000), transparansi (t statistik 3,514; p=0,000) dan komunikasi terapeutik (t statistik 6,426; p=0,000) sedangkan kualitas pelayanan publik dipengaruhi secara langsung oleh komitmen (t statistik 3,780; p=0,000), integritas (t statistik 0,817; p=0,414), transparansi (t statistik 0,892; p=0,372), komunikasi terapeutik (t statistik 6,661; p=0,000) dan keahlian/kompetensi (t statistik 2,664; p=0,008) dan secara tidak langsung oleh komitmen (t statistik 1,277; p=0,202), integritas (t statistik 2,571; p=0,010), transparansi (t statistik 2,086; p=0,037), komunikasi terapeutik (t statistik 2,327; p=0,020) serta dipromosikannya model public service values berbasis terapeutik “Korke Bale” dalam pelayanan publik di Rumah Sakit Rujukan Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Semakin baik: komitmen, integritas, transparansi dan komunikasi terapeutik maka akan semakin baik pula keahlian/kompetensi pelayanan publik di Rumah Sakit Rujukan Provinsi Nusa Tenggara Timur; 2) Semakin baik: komitmen, integritas, transparansi, komunikasi terapeutik dan keahlian/kompetensi maka akan semakin baik pula kualitas pelayanan publik di Rumah Sakit Rujukan Provinsi Nusa Tenggara Timur; 3) Model public service values therapeutic (PSVT) “Korke Bale” bermakna sebagai rumah yang terapeutik (menyembuhkan).
Implikasi dari penelitian ini adalah 1) Implikasi praktis: dapat dijadikan sebagai lingkaran umpan balik (nilai penguatan) dengan legitimasi dan dukungan serta kapabilitas operasional (lingkungan operasional dan lingkungan organisasi) rumah sakit; 2) Implikasi teoritis: (a) Ontologis: Sampai saat ini belum ada penelitian lain tentang public service values berbasis terapeutik. Ada 3 nilai layanan publik yang diadopsi dari public service values model (Molina & McKeown, 2012) yaitu integritas, transparansi dan keahlian/kompetensi sedangkan komitmen dan komunikasi terapeutik merupakan nilai layanan publik yang baru. Komitmen dan komunikasi terapeutik merupakan nilai pelayanan publik yang profesional yang sangat penting bagi administrator (pelaksana, direksi/manajemen, pemilik) dalam melaksanakan layanan publik di rumah sakit; (b) Epistemologi: cara yang ditempuh untuk membawa pelaku pelayanan publik di rumah sakit (pelaksana, direksi/manajemen, pemilik) memahami nilai-nilai pelayanan publik adalah dengan melegitimasi nilai-nilai pelayanan publik ini dalam lingkungan operasional dan lingkungan organisasi rumah sakit; (c) Aksiologi: untuk pengembangan ilmu pengetahuan tentang nilai-nilai pelayanan publik berbasis terapeutik bagi pelaku rumah sakit (pelaksana, direksi/manajemen, pemilik) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik; (d) Metodologi: dapat menjadi bahan acuan dalam melakukan penelitian lebih lanjut di Rumah Sakit Rujukan Provinsi dan Regional lainnya dengan 2 sampel yaitu pasien/keluarga pasien dan pelaku rumah sakit (pelaksana, direksi/manajemen, pemilik).
Kata kunci: kualitas pelayanan publik, public service values therapeutic, rumah sakit rujukan provinsi.
Detail Information
Item Type |
Disertasi E-Library
|
---|---|
Penulis |
Nikolaus Nuke Kewuan - Personal Name
|
Student ID |
1712020002
|
Dosen Pembimbing |
Minjte Ratoe Oedjoe - 195107011978032001 - Dosen Pembimbing 1
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 2 NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 3 |
Penguji |
Minjte Ratoe Oedjoe - 195107011978032001 - Ketua Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 1 Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63001
|
Edisi | |
Departement |
Ilmu Administrasi
|
Kontributor |
Laurensius P. Sayrani - Kontributor
WILLIAM DJANI - Kontributor Dwiyanto Indiahono - Kontributor Aloysius Liliweri - Kontributor Sajis Salim Adang Djaha - Kontributor Apris A. Adu - Kontributor |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
632.01 Nik K P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |