Pengaruh Keefektivan Model Pembelajaran Langsung Dengan Model Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Di SMA Negeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Keefektivan Model Pembelajaran Langsung Dengan Model Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Di SMA Negeri 4 Kupang

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diperoleh siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Kupang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x ips di SMA Negeri 4 Kupang dan sampel sebanyak 25 orang yang dibagi menjadi dua kelas yani kelas kontrol berjumlah 13 orang dan kelas eksperimen berjumlah 12 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji (t).
Hasil penelitian menunjukan bahwa uji normalitas di dapatkan nilai signifikansi Asiymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,872 > 0,05, maka dapat disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti data berdistribusi normal, uji homogenitas variabel hasil belajar pada siswa kelas eksperimen dan kelas control adalah sebesar 0,137. Karena nilai Sig. 0,137>0,05, maka dapat disimpulkan bahwa varians data hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode daring (eksperimen) dan kelas yang menggunakan metode luring (kontrol) adalah tidak sama atau tidak homogeny, dan uji (t) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa atau mean untuk kelas daring 68,83, sementara untuk kelas luring 80,38. Dengan demikian secara deskriptif statistic dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas daring dan kelas luring.
Hasil perhitungan menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran daring dan luring adalah beda. Model pembelajaran luring jauh lebih efektif karena proses pembelajaran dilakukan secara langsung, dalam pengawasan guru, serta nilai yang didapatkan bisa dipertanggung jawabkan. Sedangkan model pembelajaran daring siswa kurang memperhatikan dengan baik, tidak dalam pengawasan guru ketika mengerjakan test yang diberikan sehingga menggunakan alat bantu internet dll dan nilai tidak bisa dipertanggung jawabkan.
Kata Kunci: Pembelajaran Luring, pembelajaran daring, keefektivan, SMAN 4 kupang.


Detail Information

Item Type
Penulis
ELNINA DETA - Personal Name
Student ID
1701090118
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 DET P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA