Hubungan Antara Bimbingan Belajar Dengan Prestasi Siswa Kelas V SD Negeri Kecil Gentari Ponu Kecamatan Biboki Anleu TTU

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Antara Bimbingan Belajar Dengan Prestasi Siswa Kelas V SD Negeri Kecil Gentari Ponu Kecamatan Biboki Anleu TTU

XML

Penelitian ini diadakan di SD Negeri Kecil Gentari Ponu dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 siswa mendapatkan pemahaman bimbingan belajar dalam kategori tinggi yang artinya siswa telah mendapatkan pengetahuan yang baik tentang bimbngan belajar, 12 siswa memiliki pemahaman bimbingan belajar dalam kategori sedang yang artinya siswa belum mencapai kesempurnaan pengetahuan tentang bimbingan belajar, 1 siswa memiliki pemahaman bimbingan belajar dalam kategori rendah yang artinya siswa tidak mendapatkan pengetahuan yang baik tentang bimbingan belajar. Sedangkan pada indikator prestasi belajar, terdapat 2 siswa memiliki skor prestasi belajar dalam kategori tinggi artinya siswa telah memperoleh kesadaran yang baik, 15 siswa memiliki skor capaian prestasi belajar dalam kategori sedang yang artinya siswa telah memperoleh kesadaran yang cukup baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa thitung (15.177) lebih besar dari ttabel (0.759) dengan taraf signifikansi 5%. Hubungan kedua variabel signifikan dan positif pada taraf signifikansi 5% yakni sebesar 0.000 < 0.05 pada uji dua arah.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwamayoritas siswa belum mendapatkan Manfaat layanan bimbingan belajar dengan kata lain bahwa pelayanan bimbingan belajar yang diberikan pada siswa kelas V belum maksimal, sehingga siswa hanya memiliki kesadaran yang minim (cukup baik) dan memperoleh prestasi belajar yang bertaraf cukup baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana hipotesis Ha di terima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y, sehingga H0 ditolak karena hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kecil Gentari Ponu.
Kata Kunci : Bimbingan, Belajar, Prestasi Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
WILFRIDA BETE AMSELE - Personal Name
Student ID
1601140082
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 AMS H
Copyright
Universitas Nusa Cendana
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA