PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 4 KUPANG

XML

Mersy Liana Suek, NIM: 1701090073, menulis skripsi berjudul Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Kupang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan model Students Team Achiviement Division untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kupang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar peserta siswa kelas setelah diterapkannya model Students Team Achiviement Division mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari prestasi belajar yang diperoleh siswa. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada siklus I sebanyak 20 orang dengan presentase 56%, siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal menurun yaitu berjumlah 16 orang dengan presentase 44%. Dengan nilai rata-rata kelas 77. Pada siklus II prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dalam prestasi belajar, dari 36 siswa semuanya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan oleh sekolah dengan presentase 100%. Dengan nilai rata-rata kelas 85 dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II adalah 100%.
Kata kunci : Pembelajaran Sejarah, Prestasi Belajar, Model STAD


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MERSY LIANA SUEK - Personal Name
Student ID
1701090073
Dosen Pembimbing
Fransina A. Ndoen - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 1
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Sue P
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA