Kesetaraan Gender Pada Pola Asuh Orang Tua Dalam Keluarga (Studi Kasus di Desa Wali Ate Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya)

Detail Cantuman

Skripsi

Kesetaraan Gender Pada Pola Asuh Orang Tua Dalam Keluarga (Studi Kasus di Desa Wali Ate Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya)

XML

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesetaraan gender pada pola asuh orang tua dalam keluarga di Desa Wali Ate. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kesetaraan gender pada pola asuh orang tua dalam keluarga di Desa Wali Ate Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya,dengan subjek penelitian yaitu orang tua dan anak (ayah, ibu, dan anak) dengan jumlah informana 20 orang v pasang orang tua dan v pasang anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi.Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori kesetaraan gender. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1. Bentuk-bentuk pada pola asuh dalam keluarga. 2. Kesetaraan pada pola asuh dalam (pembagian peran dan kerja) antara anak laki-laki dan anak perempuan. Kesimpulan dalam penelitian yaitu: 1. Pola asuh orang tua dalam keluarga Desa Wali Ate Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya menggunakan pola asuh jenis otoriter, permisif, dan demokratis. 2.Pola asuh orang tua dalam keluarga di Desa Wali Ate belum diterapkan dengan baik, hal ini dikarenakan orang tua sibuk di pasar maupun di ladang atau kebun untuk menafkahi keluarga dan dibuktikan dari tanggapan anak bahwa mereka merasa diperlakukan sama baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Diharapkan agar orang tua, pemerintah dan negara kedepannya Kesetaraan Gender Pada Polah Asuh Orang Tua Dalam Keluarga di Desa Wali Ate, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya harus diterap secara baik dan benar antara anak laki-laki dan anak perempuan demi mencapai kehidupan yang harmonis.
Kata Kunci:Kesetaraan gender, Keluarga, Anak, pendidikan.


Detail Information

Item Type
Penulis
TERESIA RENDA RAME - Personal Name
Student ID
1634030049
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 RAM K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA