Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas V dan VI Di SD Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang

Detail Cantuman

File Skripsi

Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas V dan VI Di SD Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang

XML

Perilaku agresif merupakan luapan emosi sebagai reaksi kegagalan individu yang tampak dalam bentuk pengerusakan terhadap orang atau benda dengan unsur kesengajaan yang diekspresikan dengan kata-kata dan perilaku non verbal. Perilaku agresif terbagi menjadi agresif secara fisik dan secara verbal. Agresif secara fisik meliputi kekerasan yang dilakukan secara fisik, seperti memukul, menendang, mencubit, merampas barang orang lain dan menyerang orang lain. Sedangkan agresif secara verbal meliputi marah-marah tanpa alasan, berteriak, mengancam orang lain, serta berkata-kata kasar kepada teman maupun orang-orang yang lebih tua.
Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis fenomologi. Informan dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru BK, dan wali kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran perilaku agresif di SD Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang yaitu agresif langsung-aktif-verbal (membentak), agresif langsung-aktif-nonverbal (mendorong), agresif langsung-aktif-verbal (memukul dan menghina), agresif langsung-pasif verbal (diam ketika dipanggil), dan agresif tidak langsung-aktif-nonverbal (merusak barang). Upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasi perilaku agresif yaitu memberikan arahan dan melakukan konseling individual, selain upaya mengatasi, guru BK juga melakukan upaya pencegahan terkait perilaku agresif yang terjadi, yaitu melakukan bimbingan klasikal, ibadat setiap senin, dan berkolaborasi bersama wali kelas dan orang tua (berkomunikasi terkait perilaku agresif yang terjadi).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambaran perilaku agresif di SD Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang yaitu agresif langsung-aktif-verbal (membentak), agresif langsung-aktif-nonverbal (mendorong), agresif langsung-aktif-verbal (memukul dan menghina), agresif langsung-pasif verbal (diam ketika dipanggil), dan agresif tidak langsung-aktif-nonverbal (merusak barang) dan upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasi perilaku agresif yaitu memberikan arahan dan melakukan konseling individual (fungsi kuratif), selain upaya mengatasi, guru BK juga melakukan upaya pencegahan terkait perilaku agresif yang terjadi, yaitu melakukan bimbingan klasikal (fungsi preventif), ibadat setiap senin, dan berkolaborasi bersama wali kelas dan orang tua dengan cara berkomunikasi terkait perilaku agresif yang terjadi pada peserta didik (fungsi pemeliharaan dan pengembangan) .

Kata Kunci: Perilaku Agresif, Upaya Guru BK, dan Peserta Didik SD


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901160113
Dosen Pembimbing
KHETYE ROMELYA SABA - 197901092008122002 - Dosen Pembimbing 1
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Febriana - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 PER U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA