Layanan Konseling Traumatik Pasca Banjir Bandang (Studi Kasus Penanganan Trauma Anak Oleh Guru BK Di Desa Waiburak Kecamatan Adonara Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Layanan Konseling Traumatik Pasca Banjir Bandang (Studi Kasus Penanganan Trauma Anak Oleh Guru BK Di Desa Waiburak Kecamatan Adonara Timur)

XML

Trauma merupakan menghadapi atau merasakan sebuah kejadian atau serangkaian kejadian yang berbahaya, baik bagi fisik maupun psikologis seseorang, yang membuatnya tidak lagi merasa aman, menjadikannya merasa tidak berdaya dan pelan dalam menghadapi bahaya. Untuk itu peran guru BK dalam menangani masalah trauma dalam hal ini trauma yang dialami anak pasca bencana banjir bandang yang menimpa sangat penting karena apabila masalah ini didiamkan atau tidak diperhatikan maka akan berujung pada gangguan psikologis anak seperti depresi, stress pasca trauma dan gangguan mental lainnya. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Layanan Konseling Traumatik Pasca Banjir Bandang (Studi Kasus Penanganan Trauma Anak Oleh Guru BK di Desa Waiburak Kecamatan Adonara Timur)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling traumatic pasca banjir bandang sebagai upaya guru BK dalam menangani trauma anak di Desa Waiburak Kecamatan Adonara Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur. Informan penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling, orangtua wali dan anak yang mengalami trauma. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian yang menunjukkan bahwa guru BK melakukan perencanaan layanan yaitu bekerja sama dengan orangtua wali untuk mengumpulkan data mengenai perilaku anak yang mengalami trauma namun dalam mengumpulkan data guru BK tidak menyebarkan angket dan menyusun program BK. Guru BK menggali informasi dari orangtua wali anak yang mengalami trauma pasca banjir bandang yang mengetahui masalah yang dihadapi oleh anaknya dan melaporkan penyebab awal terjadinya masalah. Informasi yang dikumpulkan oleh guru BK tentang trauma yang dialami anak akan dijadikan bahan evaluasi untuk menemukan solusi penyelesaian dengan anak yang bersangkutan dan guru BK melakukan kunjungan ke rumah anak yang mengalami trauma untuk membangun komunikasi yang baik dan menjalin keakraban antara guru BK dan anak yang mengalami trauma agar anak tersebut lebih leluasa dan terbuka untuk menceritakan masalah yang terjadi.
Kesimpulan bahwa guru bimbingan dan konseling di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur sudah efektif dan maksimal dalam memberikan layanan kepada anak untuk menangani trauma pasca banjir bandang. Dengan adanya penelitian ini dapat menjadi bahan acuan bagi guru BK lainya dalam menangani trauma yang dialami anak baik itu karena bencana ataupun kejadian lainnya yang mempengaruhi kondisi psikologis dan kesehatan mental anak.

Kata Kunci: Layanan Konseling Traumatik, Trauma.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YULIANA TULIT MASAN - Personal Name
Student ID
1701160056
Dosen Pembimbing
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
PUTU AGUS INDRAWAN - 198909302018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Ketua Penguji
Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 1
Andriyani Emilia Lay - 197412162009122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 MAS L
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA