PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

File Skripsi

PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KUPANG

XML

Orang tua memiliki pengaruh yang besar dalam perencanaan karier. Pengambilan keputusan mengenai perencanaan karier dipengaruhi oleh faktor keluarga yakni orang tua, hal ini terjadi karena keluarga khususnya orang tua merupakan lingkungan pertama yang memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan orang tua, perencanaan karier, dan apakah ada pengaruh dukungan orang tua terhadap perencanaan karier siswa kelas X SMK Negeri 2 Kupang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data unutk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kupang dengan jumlah populasi 697 siswa dan sampel 255 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, yakni angket dukungan orang tua dan angket perencanaan karier, dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum dukungan orang tua pada peserta didik berada pada kategori sangat tinggi yaitu 217 siswa dengan persentase 85%, dan perencanaan karier siswa berada pada kategori tinggi yaitu 158 siswa dengan persentase 62%. Hasil analisis menunjukkan Fhitung sebesar 37,396 > Ftabel = 3,88 (N=255) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan koefisien diterminasi (R Square) sebesar 0,129, yang mengandung pengertian bahwa dukungan orang tua berpengaruh terhadap perencanaan karier siswa kelas X SMK Negeri 2 Kupang yaitu sebesar 12,9%, dan sisanya 87,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya perhatian dan kepedulian orang tua terhadap perencanaan karier siswa, membuat siswa menjadi termotivasi, penghargaan dan membangun rasa percaya diri untuk mampu merencanakan karier di masa depan.

Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Perencanaan Karier, Siswa


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
1901160036
Dosen Pembimbing
Rizky M. Aryance Abel - - Dosen Pembimbing 1
febriana - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Immanuel Y. P. Bili Bora - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 ADI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA