Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Akle

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Akle

XML

Skripsi oleh Maria Franciska Lanus. NIM 1601140178 (2020). Berjudul “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Akle”. Dengan masalah jenis kesulitan belajar siswa apa saja yang dialami siswa SD Inpres Akle? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut? Serta bagaimana upaya mengatasi kesulitan belajar siswa SD Inpres Akle? Tujuannya untukmengetahui jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami murid SD Inpres Akle dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut, serta mengetahui bagaimana upaya mengatasi kesulitan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yakni 10 orang siswa SD Inpres Akle dan 1 orang guru wali kelas dengan rincian 6 perempuan dan 4 laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dengan langkah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Akle, Kabupaten Kupang, Kecamatan Semau Selatan dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa jenis-jenis kesulitan belajar yang dihadapi murid yakni sulit untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan, sulit memusatkan perhatian pada saat guru menjelaskan didepan kelas, dan sulit menjawab pertanyaan yang guru berikan. Dengan faktor-faktor yang mempengaruhi yakni faktor internal(faktor dari dalam diri) dan faktor eksternal(faktor dari luar diri), namun sebagian besar kesulitan belajar disebabkan oleh faktor eksternal yaitu keluarga dan sekolah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yakni berupa posisi duduk siswa, diberi bimbingan, les tambahan, remedial, melakukan komunikasi dengan orang tua, suasana belajar yang menyenangkan, dan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh murid SD Inpres Akle kesulitan belajar yang dihadapi murid yakni sulit untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan, sulit memusatkan perhatian pada saat guru menjelaskan didepan kelas, dan sulit menjawab pertanyaan yang guru berikan. Dengan faktor-faktor yang mempengaruhi yakni faktor internal (faktor dari dalam diri) dan faktor eksternal (faktor dari luar diri), namun sebagian besar kesulitan belajar disebabkan oleh faktor eksternal yaitu keluarga dan sekolah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yakni berupa posisi duduk siswa, diberi bimbingan, les tambahan, remedial, melakukan komunikasi dengan orang tua, suasana belajar yang menyenangkan, dan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif.


Kata Kunci : Analisis, Kesulitan, Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Franciska Lanus - Personal Name
Student ID
1601140178
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nus A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA