Skripsi
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Akle
XMLSkripsi oleh Maria Franciska Lanus. NIM 1601140178 (2020). Berjudul “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Akle”. Dengan masalah jenis kesulitan belajar siswa apa saja yang dialami siswa SD Inpres Akle? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut? Serta bagaimana upaya mengatasi kesulitan belajar siswa SD Inpres Akle? Tujuannya untukmengetahui jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami murid SD Inpres Akle dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut, serta mengetahui bagaimana upaya mengatasi kesulitan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yakni 10 orang siswa SD Inpres Akle dan 1 orang guru wali kelas dengan rincian 6 perempuan dan 4 laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dengan langkah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Akle, Kabupaten Kupang, Kecamatan Semau Selatan dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa jenis-jenis kesulitan belajar yang dihadapi murid yakni sulit untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan, sulit memusatkan perhatian pada saat guru menjelaskan didepan kelas, dan sulit menjawab pertanyaan yang guru berikan. Dengan faktor-faktor yang mempengaruhi yakni faktor internal(faktor dari dalam diri) dan faktor eksternal(faktor dari luar diri), namun sebagian besar kesulitan belajar disebabkan oleh faktor eksternal yaitu keluarga dan sekolah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yakni berupa posisi duduk siswa, diberi bimbingan, les tambahan, remedial, melakukan komunikasi dengan orang tua, suasana belajar yang menyenangkan, dan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh murid SD Inpres Akle kesulitan belajar yang dihadapi murid yakni sulit untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan, sulit memusatkan perhatian pada saat guru menjelaskan didepan kelas, dan sulit menjawab pertanyaan yang guru berikan. Dengan faktor-faktor yang mempengaruhi yakni faktor internal (faktor dari dalam diri) dan faktor eksternal (faktor dari luar diri), namun sebagian besar kesulitan belajar disebabkan oleh faktor eksternal yaitu keluarga dan sekolah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yakni berupa posisi duduk siswa, diberi bimbingan, les tambahan, remedial, melakukan komunikasi dengan orang tua, suasana belajar yang menyenangkan, dan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif.
Kata Kunci : Analisis, Kesulitan, Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Maria Franciska Lanus - Personal Name
|
Student ID |
1601140178
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Nus A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |