Skripsi
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI SISTEM REM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TSM 2 SMK NEGERI 2 KUPANG
XMLPembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu mengkondisikan subjek didik yang mempunyai motivasi dan semangat belajar salah satunya kewajiban pendidik untuk memenuhi kewajiban tersebut adalah dengan memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran. Diantara media yang dimaksud adalah media animasi. Akan tetapi pada kenyataannya sistem pembelajaran di SMK Negeri 2 bahwa kurangnya efektifitas pada pembelajaran serta guru masih minim menggunakan media animasi terhadap materi pembelajaran sistem rem cakram sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis dan mendeskripsikan dampak penggunaan media pembelajaran animasi dalam proses pembelajaran siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kupang Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi,soal tes,dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM 2 SMK Negeri 2 Kupang yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada tahap hasil belajar siswa siklus I rata-rata adalah 48,6%. Setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan, pada siklus II rata-rata tes akhir meningkat yaitu 81,6. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sistem rem cakram sepeda motor kelas XI TSM 2 melalui penggunaan media animasi.
Kata Kunci : Penerapan, Media, Pembelajaran, Animasi
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Nelci Herlinda Nope - Personal Name
|
Student ID |
2001120006
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Priyono - 196111171994031002 - Ketua Penguji
Wofrid E. Biunome - 199109222022031008 - Penguji 1 Cristian Reinsini - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
83203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Teknik Mesin
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
832.03 Nop P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |