Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X TKR II SMK Negeri 2 Kupang
XMLRendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurang bervariasi, sehingga siswa merasa bahwa mata pelajaran Gambar Teknik sulit dipahami. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan model pembelajaran yang lebih interaktif dan mendukung pemahaman konsep serta keterampilan praktik siswa. Salah satu model yang diusulkan adalah Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada Elemen Gambar Teknik Kelas X TKR II SMK Negeri 2 Kupang. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan SPSS versi 29 dengan uji t diperoleh nilai signifikan ɑ = 0,001 < 0,05, maka H_1 diterima dan H_0 ditolak. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terrhadap hasil belajar Gambar Teknik siswa Kelas X TRK II SMK Negeri 2 Kupang.
Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran Elemen Gambar Teknik diharapkan mampu membuat hasil belajar siswa meningkat karena dalam proses pembelajaran siswa terlibat langsung secara aktif dan terampil.
Kata Kunci : Gambar teknik, hasil belajar siswa, proyek.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NUR AZIZAH HASAN - Personal Name
|
Student ID |
2001120007
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Basri K - 19606141991031002 - Ketua Penguji
Priyono - 196111171994031002 - Penguji 1 Wofrid E. Biunome - 199109222022031008 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
83203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
832.03 HAS P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |