Pengelolaan Retribusi Lahan Parkir Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengelolaan Retribusi Lahan Parkir Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kota Kupang

XML

Retribusi daerah merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam menjalankan otonomi daerah, retribusi daerah merupakan sumber pendapatan daerah yang penting untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Permasalahan yang dihadapi setiap daerah pada umumnya adalah belum maksimalnya pengambilan retribusi yang merupakan komponen dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Penelitan ini merupakan penelitian yuridis-empiris, mengunakan metode pendekatan kualitatif, dimana peneliti mendeskripsikan data dari hasil pengamatan dan penelitian yang telah dilakukan di Kota Kupang. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi kemudian dilakukan analisis secara deskriptif-kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan: 1. Pengelolaan lahan parkir dalam peningkatan pendapatan asli daerah Kota Kupang terdiri dari (a) Pemerintah perlu melakuakan perecanaan pemungutan, (b) pemerintah melakukan pelelangan lahan parkir kepada pengelola, (c) pelaksanaan pengelolaan lahan parkir oleh pengelola, (d) pemerintah melakukan pengawasan pada setiap pengelola parkir: 2. Upaya dalam peningkatan pendapatan asli daerah melalui retribusi parkir dengan cara penetepan peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan retribusi parkir, penegakan peraturan, peningkatan pengawasan, edukasi masyarakat, dan evaluasi mengenai pengelolaan retribusi parkir.
Saran Agar pemerintah lebih memperhatikan retribusi daerah khususnya retribusi parkir daerah Kota Kupang dalam melakukan pembuatan aturan, penegakan aturan serta untuk meningkatan pewangasan pada retirbusi parkir serta memberikan edukkasi terhadap masyarakat serta evaluasi berkala, bagi pengelola dan petugas parkir agar taat melakukan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku dengan penuh rasa tanggung jawab, serta agar masyarakat untuk mematuhi peraturan mengenai retribusi daerah terkhususnya retribusi parkir daerah Kota Kupang untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Kata Kunci: Pengelolaan Retribusi, Lahan Parkir, Pendapatan Asli Daerah, Upaya untuk Mengoptimalkan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUFRI MBO’OH - Personal Name
Student ID
1702010411
Dosen Pembimbing
UMBU LILY PEKUWALI - 195803121986011100 - Dosen Pembimbing 1
NORANI ASWANI - 197308082006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Ketua Penguji
Umbu Lily Pekuwali - 195803121986011100 - Penguji 1
NORANI ASWANI - 197308082006042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 MBO P[
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA