Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Materi Dunia Tumbuhan (Bryophyta, Pteridophyta) SMTK Waikabubak Tahun Ajaran 2020/2021

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Materi Dunia Tumbuhan (Bryophyta, Pteridophyta) SMTK Waikabubak Tahun Ajaran 2020/2021

XML

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan reflektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan hasil tes. Metode yang dipakai ialah: pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data: menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data: data yang telah diperoleh dihimpun dan dianalisis secara kuantitatif berdasarkan indikator observasi dan tes dilapangan dan menginterprestasi data dan memaparkan hasil peneliti. Subjek penelitian siswa SMTK Waikabubak kelas X dengan jumlah 15 orang.
Hasil penelitian didapatkan Peningkatan hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Biologi materi pokok bryophyta dan pterydophyta.
Pada pelaksanaan siklus I dan siklus II, tahap-tahap tersebut telah dilaksanakan dan telah memberikan perbaikan yang positif dalam diri siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Biologi di kelas, misalnya siswa yang semula pasif dalam belajar menjadi lebih aktif dan siswa dalam menyelesaikan soal tes tidak ada lagi yang bekerja sama dengan teman karena siswa sudah yakin dengan kemampuannya sendiri untuk mengerjakan tes tersebut. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang dicapai oleh 15 peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66 dan kentuntasan mencapai 40% dimana sebelumya dari nilai pree tes nilai rata- rata 46,6 dengan nilai kentuntasan hanya mencapai 20%. Kemudian dari siklus I ke siklus II peningkatan yang terjadi nilai rata-rata pada siklus I 66 dan kentuntasan 40% menjadi meningkat dimana siklus II nilai rata-ratanya 85,33 dengan kentuntasan klasikal 93,33%.


Detail Information

Item Type
Penulis
Rudianto Dara Mone - Personal Name
Student ID
1701040133
Dosen Pembimbing
THOMAS LION - - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Lion - 195702101983031004 - Ketua Penguji
PAULUS TAEK - - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 MON P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA