Skripsi
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KAIN TENUN SONGKE MANGGARAI DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
XMLKeterkaitan antara matematika dan budaya menjadi landasan yang kuat dalam memperkaya proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran matematika sekolahpun diharapkan dapat lebih disesuaikan dengan konteks budaya peserta didik agar matematika dapat lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Salah satu konteks budaya yang dapat digunakan adalah etnomatematika kain tenun Songke Manggarai.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles & Huberman (1994), yang mengatakan bahwa tahapan pengumpulan data terdiri dari tiga kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian eksplorasi etnomatematika ini dapat disimpulkan bahwa terdapat konsep matematika pada kain tenun Songke Manggarai Desa Golo Ronggot, baik pada proses awal maupun tahapan proses menenun.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Timoteus Windy Hepy - Personal Name
|
Student ID |
1901030085
|
Dosen Pembimbing |
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Hep E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |