Skripsi
PERAN GURU PPKn DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru PPKn dalam
Mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang?, (2)
Bagaimana Kendala yang dihadapi Guru PPKn dalam Mengimplmentasikan Penguatan Pendidikan
Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang?,(3)Bagaimana Upaya yang dilakukan Guru PPKn dalam
mengimplmentasikan Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang? tujuan dari
penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru PPKn dalam
mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang (2) Untuk
mengetahui kendala yang dihadapi guru PPKn dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan
Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang, (3) Untuk mengetahui bagaimana strategi yang di
dilakukan guru PPKn dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri
4 Kota Kupang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif, subjek
dalam penelitian ini yaitu Guru PPKn SMA 4 Kota Kupang, Peserta Didik XI MIPA 5. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Dari hasil pengamatan di SMAN 4 Kota Kupang para guru
PPKn memberikan pembinaan dan mental siswa dengan cara menasehati dan membiasakan kepada
peserta didik menjaga kebersihan sekolah, selalu taat kepada peraturan sekolah ini sejalan dengan
tugas dan tanggung jawab seorang guru diantaranya adalah menciptakan suasana atau iklim proses
pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar dengan baik dan semangat. 2).
Ada beberapa kendala yang di hadapi guru PPKn dalam pengimplemtasian penguatan pendidikan
karakter yaitu antara lain: Faktor lingkungan. Misalnya, di dalam keluarga, setiap anak mempunyai
karakter dan pengalaman yang berbeda-beda.Tergantung dari perlakuan orang tua kepada setiap
anak-anaknya, dan pergaulan dari masing-masing anak. terdapat kendala- kendala dalam pembinaan
karakter, seperti pergaulan bebas yang dilakukan peserta didik di luar sekolah. Karena dengan
adanya pergaulan bebas dapat mempengaruhi sikap dan tingkah laku peserta didik, yang tadinya
peserta didik memiliki sikap dan tingkah laku yang baik tiba-tiba bisa berubah yang diakibatkan
dari pergaulan bebas.3). Jadi, guru harus mampu memberikan contoh keteladanan baik dalam
kegiatan proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas, termasuk dalam hal penanaman
nilai-nilai kedisiplinan, nilai-nilai agama yang religius, kesopanan, kepedulian sosial serta nilai-nilai
karakter moralitas yang baik dalam perila kehidupan sehari-hari, serta sifat-sifat nilai toleransi,
persahabatan, semangat kebersamaan, dan kepedulian lingkungan
Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Penguatan Pendidikan Karakter
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
HERLINA IBA - Personal Name
|
Student ID |
1901070080
|
Dosen Pembimbing |
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 1 Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Iba P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |