PERAN GURU PPKn DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN GURU PPKn DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru PPKn dalam
Mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang?, (2)
Bagaimana Kendala yang dihadapi Guru PPKn dalam Mengimplmentasikan Penguatan Pendidikan
Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang?,(3)Bagaimana Upaya yang dilakukan Guru PPKn dalam
mengimplmentasikan Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang? tujuan dari
penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru PPKn dalam
mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang (2) Untuk
mengetahui kendala yang dihadapi guru PPKn dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan
Karakter di SMA Negeri 4 Kota Kupang, (3) Untuk mengetahui bagaimana strategi yang di
dilakukan guru PPKn dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri
4 Kota Kupang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif, subjek
dalam penelitian ini yaitu Guru PPKn SMA 4 Kota Kupang, Peserta Didik XI MIPA 5. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Dari hasil pengamatan di SMAN 4 Kota Kupang para guru
PPKn memberikan pembinaan dan mental siswa dengan cara menasehati dan membiasakan kepada
peserta didik menjaga kebersihan sekolah, selalu taat kepada peraturan sekolah ini sejalan dengan
tugas dan tanggung jawab seorang guru diantaranya adalah menciptakan suasana atau iklim proses
pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar dengan baik dan semangat. 2).
Ada beberapa kendala yang di hadapi guru PPKn dalam pengimplemtasian penguatan pendidikan
karakter yaitu antara lain: Faktor lingkungan. Misalnya, di dalam keluarga, setiap anak mempunyai
karakter dan pengalaman yang berbeda-beda.Tergantung dari perlakuan orang tua kepada setiap
anak-anaknya, dan pergaulan dari masing-masing anak. terdapat kendala- kendala dalam pembinaan
karakter, seperti pergaulan bebas yang dilakukan peserta didik di luar sekolah. Karena dengan
adanya pergaulan bebas dapat mempengaruhi sikap dan tingkah laku peserta didik, yang tadinya
peserta didik memiliki sikap dan tingkah laku yang baik tiba-tiba bisa berubah yang diakibatkan
dari pergaulan bebas.3). Jadi, guru harus mampu memberikan contoh keteladanan baik dalam
kegiatan proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas, termasuk dalam hal penanaman
nilai-nilai kedisiplinan, nilai-nilai agama yang religius, kesopanan, kepedulian sosial serta nilai-nilai
karakter moralitas yang baik dalam perila kehidupan sehari-hari, serta sifat-sifat nilai toleransi,
persahabatan, semangat kebersamaan, dan kepedulian lingkungan
Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Penguatan Pendidikan Karakter


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
HERLINA IBA - Personal Name
Student ID
1901070080
Dosen Pembimbing
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 1
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Iba P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA