Perancangan UPT Balai Benih Tanaman Pangan Sumba Di Kabupaten Sumba Tengah

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan UPT Balai Benih Tanaman Pangan Sumba Di Kabupaten Sumba Tengah

XML

Sumba Tengah adalah suatu wilayah Kabupaten di bagian Indonesia Timur yang memiliki lahan pertanian yang subur dan baik untuk diolah. Peluang tersebut digunakan pemerintah Indonesia untuk menjalankan program food estate atau lumbung pangan nasional di Sumba Tengah. Seiring berjalannya waktu, produktifitas dari food esatate tidak memberikan hasil yang maksimal dibuktikan dengan hasil panen tanaman pangan yang mengalami naik-turun setiap tahunnya. Faktor penyebab adalah kekurangan benih dan masalah mutu benih yang belum memenuhi standar. Perlu adanya fasilitas yang bertugas mengatur penyediaan dan produksi benih padi dan jagung, serta pengendalian mutunya. Sehingga perlu dirancang fasilitas UPT Balai Benih Tanaman Pangan Sumba.
Metode yang digunakan berupa pengumpulan data, penelusuran masalah, pencarian ide dan pengembangan desain, juga metode evaluasi pemilhan desain. Dasar pengembangan desain adalah standar fasilitas pada Permentan nomor 123 Tahun 2014. Standar fasilitas yang didapat adalah bangunan kantor, gudang benih, gudang peralatan, gudang pupuk, laboratorium, lantai jemur, ruang kelas, perpustakaan dan ruang kompos. Kaitannya dengan perancangan, desain menyesuaikan keadaan fisik tapak dan iklim sehingga tidak berdampak negatif terhadap lingkungan perancangan.
Hasil desain terdiri dari rencana fasilitas sesuai dengan standar ditambah fasilitas tempat tinggal yaitu asrama, mess karyawan dan mess pelatih; bentuk bangunan dari bentukan dasar persegi; dan struktur yang digunakan adalah pondasi footplate dan struktur rangka kaku untuk balok dan kolom. Pemilihan material yang digunakan adalah baja untuk kuda-kuda atap, kaca tempered untuk sekat dan bata ringan untuk dinding, sementara penutup atap menggunakan material bitumen. Penzoningan terdiri dari tiga jenis diantaranya area privat yang terdiri dari gudang benih, gudang pupuk, gudang alat dan lantai jemur; semi publik yang terdiri dari asrama, mess karyawan, mess pelatih dan rumah dinas; dan area publik yaitu Gedung Utama yang memiliki dua massa yang sirkulasinya dibentuk mengikuti arah aliran udara. Fasad gedung utama terbuat dari perforated metal dan besi hollow yang membentuk dahan kayu disekeliling bangunan.

Kata kunci : food estate, UPT Balai Benih Tanaman Pangan Sumba


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1806090034
Dosen Pembimbing
Rosvitayati U. Nday - 198702252014042001 - Dosen Pembimbing 1
YOHANES WILHELMUS DOMINIKUS KAPILAWI - 197406252008121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rosvitayati Umbu Nday - 198702252014042001 - Ketua Penguji
Yohanes Wilhelmus Dominikus Kapilawi - 197406252008121003 - Penguji 1
Rifat Y. Y. Maromon, ST.,M.Si - 197501012008121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 AGA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA