Perancangan Library Cafe Sebagai Pusat Literasi Dengan Pendekatan Arsitektur Post Modern Di Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Library Cafe Sebagai Pusat Literasi Dengan Pendekatan Arsitektur Post Modern Di Kota Kupang

XML

Budaya literasi merupakan kebutuhan yang mendorong pendidikan dalam wadah perpustakaan dengan suasana santai menjadi tuntutan saat ini. Hal ini menjadi tolak ukur dalam perancangan untuk menyediakan fasilitas terpadu bagi kegiatan berliterasi dengan suasana santai maka dirancang perpustakaan bertema Library Café dengan mengkaitkan fungsi edukasi rekreasi dan servis yaitu menyediakan fasilitas-fasilitas yang diklasifikasi berdasarkan usia serta fungsi dari setiap ruang yang dilengkapi dengan teknologi internet sebagai akses informasi dan referensi berbasis digital.
Konsep pendekatan Arsitektur Post Modern bangunan ini yaitu bentuk semiotic dengan konsep “Buku Terbuka” dengan pertimbangan konsep view to site sehingga masyarakat tahu fungsi bangunan, bentuk ini dibuat berdasarkan penzoningan kegiatan dalam fungsi edukasi berupa perpustakaan serta pengembangan literasi, fungsi rekreasi, serta fungsi servis yang saling bertemu dengan ketinggian berbeda sehingga menggunakan sistem dilatasi, dan struktur rangka batang pada atap. Konsep fasad dengan memberi ornament dan double fasad yang menarik perhatian masyarakat, gaya desain yang fresh, stand out, energenetic, penggunaan perabot yang geometris, warna dan material menampilkan suasana santai dengan memperhatikan setiap ruang yang memberikan kebebasan pengunjung.
Hasil desain meliputi site plan dengan aksesibilitas melalui Jl. Adisucipto, bangunan empat lantai terdiri dari basement, lantai satu untuk area kebisingan tinggi, lantai dua untuk kebisingan sedang, dan lantai tiga untuk area kebisingan rendah, serta atap yang digunakan sebagai rooftop, bentuk bangunan seperti buku terbuka menggunakan rangka batang pada atap dilapisi Aluminium Composite Panel dan fasad yang Cutting, penggunaan material kaca dan penerapan double fasad dengan materia Wood Plastic Composite.

Kata Kunci : Library Café, Pusat Literasi, Post Modern, semiotic


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA ASTRIANI KLAU - Personal Name
Student ID
1806090004
Dosen Pembimbing
RIFAT YAFET YOKTAN MAROMON - 19750101200812100 - Dosen Pembimbing 1
Debri A. Amabi - 880923419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rosvitayati Umbu Nday - 198702252014042001 - Ketua Penguji
Rifat Yafet Yoktan Maromon - 19750101200812100 - Penguji 1
Debri A. Amabi - 8809323419 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Sains dan Teknik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 KLA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA