PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI 10 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI 10 KUPANG

XML

Penelitian ini dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Kooperatif tipe Team assisted individualization pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 10 Kupang. Masalah dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kurang bervariasi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kelas XA SMA Negeri 10 Kupang masih rendah, oleh karena itu peneliti menggunakan model kooperatif tipe Team assisted individualization untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model kooperatif tipe Team assisted individualization pada siswa kelas XA SMA Negeri 10 Kupang. Metode yang digunakan adalah metode Tanya jawab, diskusi kelompok dan presentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan dan satu kali tes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk observasi guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XA SMA Negeri 10 Kupang yang mengalami masalah dengan hasil belajar sejarah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XA SMA Negeri 10 Kupang setelah diterapkannya model koopertif tipe Team assisted individualization mengalami peningkatan. Secara teoritis penelitian Tindakan Kelas melibatkan siklus refleksi dan tindakan yang berulang, dimana guru merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan mereflesikan tindakan yang diambil, proses ini memungkinkan guru untuk terus memperbaiki strategi pembelajaran berdasarkan pengamatan langsung terhadap dampaknya pada siswa dengan perbaikan berkelanjutan ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada kelas XA SMA Negeri 10 Kupang, jumlah peserta didik yang mencapai KKTP pada siklus I sebanyak 10 orang dengan presentase 29,41%, peserta didik yang belum mencapai KKTP sebanyak 24 orang dengan presentase 70,58%. Dengan nilai rata-rata kelas 67,94%. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 34 orang peserta didik semua di nyatakan tuntas dengan prsentase 100%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sandy Yunita Faot - Personal Name
Student ID
2001090050
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Fao P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA