PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD INPRES AIDOIS KABUPATEN MALAKA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD INPRES AIDOIS KABUPATEN MALAKA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik materi sistem pencernaan pada manusia kelas V SD Inpres Aidois Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 13 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi keterlaksanaan model. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai KKTP pada pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning yaitu mencapai 75,69 lebih tinggi daripada sebelum diberikan perlakuan yang hanya mencapai 55,91. Pengujian normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan bantuan SPSS versi 20 dilakukan dengan uji levene’s diperoleh nilai signifikan yaitu 0,576 > 0,05 berarti data tersebut homogen, uji shapiro-wilk diperoleh nilai signifikansi pada pretest yaitu 0,927>0,05 dan posttest yaitu 0,909>0,05 berarti data berdistribusi normal dan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di SD Inpres Aidois Kabupaten Malaka..

Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Serlina Seuk - Personal Name
Student ID
1901140373
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Seu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA