Praktik Digital Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Citra Positif Kepolisian (Studi Kasus Pada Divisi Public Relations Kepolisian Resor Belu Nusa Tenggara Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Praktik Digital Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Citra Positif Kepolisian (Studi Kasus Pada Divisi Public Relations Kepolisian Resor Belu Nusa Tenggara Timur)

XML

Dalam memasuki era digital, salah satu bentuk perkembangan terhadap perkembangan teknologi komunikasi yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Belu Nusa Tenggara Timur adalah dengan menerapkan praktik digital Public Relations dengan alat media digital. Lewat akun resmi media sosial Humas Polres Belu, sejumlah berita dan informasi penting dan bermanfaat terus dipublikasikan kepada masyarakat dengan tujuan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat mengenai berita dan informasi penting, kegiatan Polri, membangun relasi yang baik antara Kepolisian dan Masyarakat, sekaligus meningkatkan citra positif Kepolisian yang kurang sesuai dengan yang diharapkan akibat persepsi masyarakat yang cenderung kurang mempercayai Kepolisian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan peran digital public relations dari Kepolisian, serta persepsi masyarakat mengenai citra Kepolisian. Penelitian ini dikaji menggunakan teori New Media serta konsep-konsep penting seperti digital public relations, citra perusahaan atau instansi dan persepsi masyarakat terhadap Kepolisian. Hasil penelitian menunjukan Divisi Humas Kepolisian Resor Belu mengelola digital PR dengan baik, termasuk dalam mengelola interaksi atau komunikasi dua arah dengan masyarakat. Memberikan informasi yang beragam dan menjawab hampir keseleluruhan pertanyaan masyarakat. Digital PR Humas Polres Belu juga menjalankan banyak peran, diantaranya peran informatif dan edukatif untuk menjawab ambiguitas dalam kelompok-kelompok masyarakat. Dalam membentuk persepsi, masyarakat terlebih dahulu diberi stimulus berupa postingan pada media sosial Humas Polres Belu, kemudian dilanjutkan dengan proses yang sistematis. Penelitian menunjukan stimulus tersebut dinilai efektif, sehingga mayoritas hasil akhir pembentukan persepsi masyarakat adalah positif walaupun Humas Polres Belu beberapa kali mengalami situasi krisis.

Kata Kunci : Digital Public Relations, Citra positif, Persepsi Masyarakat.


Detail Information

Item Type
Penulis
VIOLLIAN JULIO MALI - Personal Name
Student ID
1703050155
Dosen Pembimbing
YOHANES K N LILIWERI - 198104132008121003 - Dosen Pembimbing 1
Silvania S.E Mandaru - 19840106 201404 2 001 19840106 201404 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Yohanes K N Liliweri - 198104132008121003 - Ketua Penguji
Silvania S.E Mandaru - 19840106 201404 2 001 - Penguji 1
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
702.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA