TINGKAT KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKECAMATAN ALAK KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

TINGKAT KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKECAMATAN ALAK KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini membahas tentang Tingkat Kecerdasan di dalam diri siswa yang pada hakikatnya ada bermacam-macam salah satunya adalah kecerdasan sosial. Kecerdasan sosial memiliki peranan penting di dalam mendukung kesuksesan siswa di masa yang akan datang. Kecerdasan sosial dapat dikembangkan di lingkungan keluarga maupun sekolah. Di dalam lingkungan sekolah, kecerdasan sosial dapat dikembangkan melalui pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kecerdasan sosial siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V SD Sekecamatan Alak Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel tunggal yaitu kecerdasan sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Sekecamatan Alak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik one Stage Cluster Sampling dengan jumlah sampel 75 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket sebagai alat pengumpul utama dan observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan sosial siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V SD Sekecamatan Alak Kota Kupang dapat diketahui bahwa 1 siswa memiliki kecerdasan sosial dalam kategori sangat baik, kategori baik sebanyak 43 siswa dan kategori cukup sebanyak 31 siswa. Secara keseluruhan tingkat kecerdasan sosial siswa dengan rata-rata skor 57 % dalam kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah tingkat kecerdasan sosial siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V SD Sekecamatan Alak dalam kategori baik. Saran bagi guru dan pihak sekolah diharapkan untuk lebih memberikan perhatian pada pengembangan kecerdasan sosial siswa baik dengan cara pembiasaan maupun dengan pengintegrasian di dalam pembelajaran IPAS.
Keywords: Tingkat Kecerdasan Sosial


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001140091
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N Adoe - 19841130 202321 2 026 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Len T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA