Hubungan Self Directed Learning Readiness CSL Online Dengan Kelulusan Mini OSCE Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Self Directed Learning Readiness CSL Online Dengan Kelulusan Mini OSCE Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana

XML

Latar Belakang : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia melakukankebijakan untuk dilaksanakan pembelajaran online selama pandemi covid hal ini berakibat pada proses belajar keterampilan klinis yang mengalami berbagai perubahan. Pembelajaran online menerapkan karakteristik belajar mandiri, karena pembelajar dituntut untuk berperan aktif, interaktif, dan partisipatif dalam proses belajar yang sedikit sekali mendapatkan bantuan dari pengajar atau pihak lainnya sehingga diperlukan sikap kesiapan belajar mandiri. Salah satu faktor internal yang memengaruhi mini OSCE adalah sikap. Sikap siap belajar mandiri memengaruhi keberhasilan belajar mahasiswa.
Tujuan : Mengetahui hubungan self directed learning readiness CSL online dengan kelulusan mini OSCE pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitikal observasional dengan menggunakan rancangan cross sectional yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa dan menggunakan kuesioner SDLI. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden 195 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis bivariat menggunakan uji cramer’s V.
Hasil : Dari 195 responden, 59% memiliki SDLR tinggi, 40% memiliki SDLR sedang dan 1% memiliki SDLR rendah. Hasil mini OSCE terdapat 87,7% yang lulus dan 12,3% yang tidak lulus. Hasil uji analisis bivariat pada penelitiaan ini diperoleh hasil nilai p=0,000 (p<0,05).
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara Self Directed Learning Readiness CSL online dengan kelulusan mini OSCE mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.
Kata Kunci : Self directed learning readiness, CSL online, mini OSCE.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Claudya Nere Sare - Personal Name
Student ID
2208020048
Dosen Pembimbing
RR LISTYAWATI NURINA - 198403142009122005 - Dosen Pembimbing 1
efrisca - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11901
Edisi
Published
Departement
Profesi Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
119.01 Mar H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA