Skripsi
Komunikasi Terapeutik Pelayanan Lansia (Studi Kasus Komunikasi Terapeutik Antara Perawat Dengan Lansia Pada UPTD Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Di Kupang
XML
Penelitian ini menggambarkan tentang komunikasi terapeutik pelayanan lansia di Kupang. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi terapeutik antara perawat dan lansia pada UPTD Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Di Kupang, untuk mengetahui pola komunikasi yang terbentuk melalui respon pasien lansia terhadap layanan komunikasi terapeutik, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi terapeutik antara perawat dan lansia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan teori dukungan sosial yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat kepada pasien lansia di UPTD Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Kupang sudah berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Dalam proses komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat terhadap pasien lansia melalui beberapa tahapan yaitu menggunakan fase pra interaksi,fase orientasi,fase kerja dan fase terminasi, Pola komunikasi yang terbentuk oleh perawat melalui respon pasien lansia terhadap layanan komunikasi terapeutik bahwa komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien, telah berlangsung dengan baik. Hal ini tercermin dari cara perawat memberikan komunikasi secara langsung yang lembut dan ekspresi wajah yang menyenangkan kepada pasien juga dengan bakat perhatian kepada pasien dengan mendegarkan keluhan-keluhan pasien dengan seksama, memberikan umpan balik yang mudah di mengerti dan selalu tersenyum dengan ramah dan berbahasa dengan santun. Faktor yang menghambat terjalinnya komunikasi terapeutik antara Perawat dan pasien di UPTD Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Kupang yaitu; faktor fisik berupa gangguan pendengaran,penurunnya daya ingat, mereka tidak dapat membaca gerak bibir dan menangkap suara. Lalu bahasa daerah dan latar belakang budaya yang dibawa oleh pasieen menyebabkan perawat tidak mengerti dengan bahasa pasien. Lalu perawat dalam mengatasi hal ini adalah dengan memanggil petugas lainnya yang berasal daerah yang sama dengan pasien.
Kata Kunci : Komunikasi Teraupeutik, Pelayanan Lansia, Komunikasi Antar Perawat dan Lansia.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Andrea Trichika Refo - Personal Name
|
Student ID |
2003050061
|
Dosen Pembimbing |
YERMIA DJEFRI MANAFE - 197003032005011001 - Dosen Pembimbing 1
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Ketua Penguji
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Penguji 1 Mas'amah - 197906172008012020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 Efo K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |