Skripsi
Hubungan Learning Approach Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang
XMLLatar Belakang: Seseorang akan mendapatkan prestasi belajar yang baik apabila
melalui proses belajar yang baik dan memahami tujuan yang ingin dicapai. Hasil
proses belajar pada tingkatan universitas dapat dilihat dalam bentuk indeks prestasi
kumulatif (IPK). Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang diantaranya
adalah learning approach atau pendekatan belajar.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan learning approach dengan
prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran
Universitas Nusa Cendana Kupang.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional
dengan rancangan cross-sectional yang dilakukan pada mahasiswa prodi
pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan Proportionate Stratified Random Sampling.
Data diperoleh dengan melakukan pengisian kuesioner Revised Study Process
Questionnaire 2 Factors (R-SPQ2F) oleh 160 responden yang memenuhi kriteria
inklusi. Hasil analisis bivariat dilakukan uji statistik coefficient contingency.
Hasil: Data 160 responden menunjukan mahasiswa yang menggunakan learning
approach tipe deep approach sebanyak 139 (86,9%) orang, tipe surface approach
sebanyak 21 (13,1%) orang. Untuk prestasi belajar mahasiswa yang mendapat
indeks prestasi kumulatif kategori dengan pujian berjumlah 121 (75,6%) orang,
kategori sangat memuaskan berjumlah 39 (24,4%) orang, sedangkan tidak terdapat
mahasiswa yang mendapat indeks prestasi kumulatif dengan kategori memuaskan.
Hasil uji analisis bivariat pada penelitian ini diperoleh nilai p=0,631 dan nilai
r=0,038.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara learning approach
dengan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran
Universitas Nusa Cendana Kupang.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fransiska Roslinda Dua Neang - Personal Name
|
Student ID |
2208020034
|
Dosen Pembimbing |
dr. I Made Artawan, M.Biomed., Sp.An. - 198005202009121004 - Dosen Pembimbing 1
Rahel Rara Woda, S.Si.,M.KM - 198006162023212025 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
dr. Desi Indriarini, M. Biomed - 198001302008012015 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
11901
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Profesi Dokter
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
119.01 Nea H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |