Hubungan Learning Approach Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Learning Approach Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang

XML

Latar Belakang: Seseorang akan mendapatkan prestasi belajar yang baik apabila
melalui proses belajar yang baik dan memahami tujuan yang ingin dicapai. Hasil
proses belajar pada tingkatan universitas dapat dilihat dalam bentuk indeks prestasi
kumulatif (IPK). Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang diantaranya
adalah learning approach atau pendekatan belajar.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan learning approach dengan
prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran
Universitas Nusa Cendana Kupang.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional
dengan rancangan cross-sectional yang dilakukan pada mahasiswa prodi
pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan Proportionate Stratified Random Sampling.
Data diperoleh dengan melakukan pengisian kuesioner Revised Study Process
Questionnaire 2 Factors (R-SPQ2F) oleh 160 responden yang memenuhi kriteria
inklusi. Hasil analisis bivariat dilakukan uji statistik coefficient contingency.
Hasil: Data 160 responden menunjukan mahasiswa yang menggunakan learning
approach tipe deep approach sebanyak 139 (86,9%) orang, tipe surface approach
sebanyak 21 (13,1%) orang. Untuk prestasi belajar mahasiswa yang mendapat
indeks prestasi kumulatif kategori dengan pujian berjumlah 121 (75,6%) orang,
kategori sangat memuaskan berjumlah 39 (24,4%) orang, sedangkan tidak terdapat
mahasiswa yang mendapat indeks prestasi kumulatif dengan kategori memuaskan.
Hasil uji analisis bivariat pada penelitian ini diperoleh nilai p=0,631 dan nilai
r=0,038.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara learning approach
dengan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran
Universitas Nusa Cendana Kupang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2208020034
Dosen Pembimbing
dr. I Made Artawan, M.Biomed., Sp.An. - 198005202009121004 - Dosen Pembimbing 1
Rahel Rara Woda, S.Si.,M.KM - 198006162023212025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
dr. Desi Indriarini, M. Biomed - 198001302008012015 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11901
Edisi
Published
Departement
Profesi Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
119.01 Nea H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA