Skripsi
Hubungan Pengetahuan dengan Sikap dan Perilaku Membaca Informasi Nilai Gizi Makanan Kemasan pada Mahasiswa Universita Nusa Cendana
XMLProduk makanan kemasan yang semakin meningkat dan jumlahnya banyak, menuntut konsumen bisa membaca informasi nilai gizi pada label kemasan. Membaca label makanan kemasan merupakan salah satu pesan umum gizi seimbang yang membantu konsumen mengetahui bahan-bahan yang terkandung, apabila tidak membaca label makanan dapat berdampak pada status gizi seseorang. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap dan perilaku membaca label informasi nilai gizi (ING) makanan kemasan pada mahasiswa Universitas Nusa Cendana Metode Penelitian : Merupakan penelitian analitikal obsevasional dengan pendekatan cross sectional menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap, dan perilaku membaca label informasi nilai gizi makanan kemasan dalam google formyang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas kuesioner. Jumlah sampel 365 responden dari 11 fakultas di Universitas Nusa Cendana yang diundang dengan metode snowball, serta memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan, sikap dan perilaku membaca label ING makanan kemasan. Analisis data secara univariat untuk mengetahui distribusi dan frekuensi dan bivariat menggunakan uji korelasi Spearman pada α = 0,05 untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap dan hubungsn pengetahuan dengan perilaku membaca label ING.Hasil : Terdapat 232 responden (63,6%) yang memiliki pengetahuan baik tentang membaca label ING makanan kemasan. Sejumlah 262 responden (63,6%) yang memiliki sikap baik tentang membaca label ING makanan kemasan dan sebanyak 240 responden (65,8%) memiliki perilaku yang tergolong kurang membaca label informasi nilai gizi makanan kemasan. Hasil uji statistik spearman rank antara variabel pengetahuan dengan sikap adalah p = 0,041, r= 0,107 sedangkan hubungan antara pengetahuan dengan perilaku menunjukkan p = 0,108 dengan batas kemaknaan p<0,05.Kesimpulan : Pengetahuan mempengaruhi sikap membaca label informasi nilai gizi makanan kemasan sehingga pengetahuan baik diikuti dengan sikap yang baik. Sedangkan, Pengetahuan tidak mempengaruhi perilaku membaca label informasi nilai gizi makanan kemasan sehingga mahasiwa dengan pengetahuan membaca yang baik tidak disertai dengan perilaku membaca yang baik.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Januario Sebastiano Sega - Personal Name
|
Student ID |
2208020019
|
Dosen Pembimbing |
Christina Olly Lada - 19720408200501 2 002 - Dosen Pembimbing 1
Derri Ratna Tallo Manafe - 198107122008012018 - Dosen Pembimbing 1 |
Penguji |
dr. Kartini Lidia, M.Sc - 198004212008012024 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
11201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Dokter
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
119.01 Seg H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |