Analisis Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

XML

ABSTRAK
Analisis Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
(Maria G. Halim1 , Vinsensius Lantik 2, Yusniati H. Muh Yusuf 3)

Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literatur. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dan menganalisis beberapa jurnal ilmiah, skripsi, dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis studi literatur pada 4 jurnal penelitian eksperimen, menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Hasil belajar dapat dilihat dari nilai posttest yang mengalami peningkatan setelah menerapkan model CORE dalam proses pembelajaran. Dalam jurnal penelitian yang menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar menjadi lebih optimal baik dari segi pengetahuan, sikap maupun keterampilan siswa.
Dari penelitian beberapa review jurnal dan skripsi yang relevan menunjukkan bahwa model CORE efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) lebih aktif dalam proses pembelajaran dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Hasil Belajar, Studi Literatur.


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Goreti Halim - Personal Name
Student ID
1701050007
Dosen Pembimbing
VINSENSIUS LANTIK - 197901292008121001 - Dosen Pembimbing 1
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Herry Fridolin Lalus - 198812202018031001 - Ketua Penguji
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 1
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Hal A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA