Skripsi
Analisis Implementasi Konsep Merdeka Belajar Dalam Mengoptimalkan Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 5 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi konsep merdeka belajar pada pembelajaran geograf di SMA Negeri 5 Kupang. (2) mengetahui dampak gaya belajar peserta didik setelah diterapkannya konsep merdeka belajar pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 5 Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konsep merdeka belajar pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 5 Kupang mengalami kemajuan dibandingkan dengan sebelumnya yang dapat dilihat dari kesiapan guru dalam menyiapkan perangkat ajar dan kemampuan belajar siswa baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Sedangkan dampak gaya belajar peserta didik setelah diterapkanya konsep merdeka belajar pada pembelajaran geografi mengalami perubahan yakni siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran dan mencari tahu sendiri apa yang tidak mereka ketahui dengan menggunakan sumber ataupun teknologi yang ada. Gaya belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah gaya belajar visual. Dengan mengetahui gaya belajar siswa dapat membantu guru dalam proses pembelajaran agar guru dapat mengajar sesuai dengan gaya belajar sehingga siswa dapat memahami materi yang diberikan dengan baik.
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka, Gaya Belajar siswa, Geografi.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ADRIANA VERONIKA TAEL - Personal Name
|
Student ID |
2001100030
|
Dosen Pembimbing |
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Dosen Pembimbing 1
SUKMAWATI - 198909172022032006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Ketua Penguji
Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 1 Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Geografi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.02 TAE A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |