Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bakunase Kota Kupang Tahun 2020 dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bakunase Kota Kupang Tahun 2020 dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

XML

Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan. Puskesmas Bakunase merupakan salah satu puskesmas dengan akreditasi utama di Kota Kupang. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, terjadi penurunan jumlah kunjungan selama tiga tahun terakhir. Ada dua kemungkinan yang menyebabkan terjadinya penurunan jumlah kunjungan yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternalnya adalah derajat kesehatan masyarakat yang semakin meningkat, sedangkan faktor internal adalah menurunnya loyaitas pasien untuk berobat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Bakunase kota Kupang tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis survei deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang berkunjung dan menggunakan jasa pelayanan rawat jalan di Puskesmas Bakunase Kota Kupang pada bulan Januari sampai Oktober 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Sampel diambil dari sejumlah tertentu dari setiap subkelompok yang telah ditentukan yaitu pasien rawat jalan di 7 poliklinik di Puskesmas Bakunase dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian antara harapan dan kenyataan terhadap pelayanan yang diterima pada dimensi bukti fisik (tangible) sebesar 98,78%, dimensi keandalan (reliability) sebesar 98,66%, dimensi daya tanggap (responsiveness) sebesar 98,33%, dimensi jaminan (assurance) sebesar 98,79% dan dimensi empati (empathy) sebesar 98,74%. Berdasarkan diagram kartesius Importance Performance Analysis (IPA), pelayanan atribut pada kuadran A perlu ditingkatkan yaitu pada pelayanan obat, kuadran B dipertahankan, kuadran C perlu ditingkatkan tetapi prioritasnya di bawah kuadran A dan kuadran D tidak membutuhkan strategi peningkatan kualitas.


Kata Kunci : Kepuasan, Kualitas, Importance Performance Analysis (IPA)
Daftar Pustaka : 21 ( 1986-2020)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1607010103
Dosen Pembimbing
MUNTASIR - 197008162000121001 - Dosen Pembimbing 1
Erny Erawati Pua Upa - 19683021993032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Serlie K A Littik - 197709232006042002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA