Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Organ Pernapasan Manusia Dan Fungsinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Organ Pernapasan Manusia Dan Fungsinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning tentang orang pernapasan manusia dan fungsinya peserta didik kelas V SD komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melalui 2 siklus berdasarkan tahapan-tahapan yang terencana dengan mengambil lokasi penelitian di SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VA yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil observasi aktivitas guru siklus I memperoleh nilai yaitu rata-rata 80 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 98 dengan jadi terjadi peningkatan aktivitas guru siklus I ke siklus II sebesar 18%, sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I memperoleh nilai rata 64 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 93 jadi terjadi peningkatan observasi peserta didik dari siklus I ke siklus II 29% . Hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II, hasil belajar yang mencapai KKTP pada siklus I yaitu 10 orang dengan persentase ketuntasan 67%, sedangkan untuk hasil tes siklus II yang mencapai KKTP 14 orang dengan persentase ketuntasan 93% terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II 26%.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning pada Materi Organ Pernapasan Manusia dan Fungsinya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang bahwa dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YERLI YANTI TOBE - Personal Name
Student ID
2001140176
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TOB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA