Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV UPTD SD Inpres Lasiana Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV UPTD SD Inpres Lasiana Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV UPTD SD Inpres Lasiana Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan penelitian pre ekperimental dengan rancangan one group pretest posttest. sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas IV B yang berjumlah 23 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa tes,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu uji validitas, uji realibilitas,uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis datanya, Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) pada pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran wordwall yaitu mencapai 83,47 lebih tinggi daripada sebelum diberikan perlakuan yang hanya mencapai 67,95. Uji validitas menunjukan bahwa data dinyatakan valid karena rhitung > rtabel, untuk uji reliabilitas berdasarkan nilai alpa cronbach yang diperoleh sebesar 0,724 dan termasuk kriteria baik atau dapat dipercaya, hasil uji normalitas shapiro wilk menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,860 > 0,05 dan 0,502 > 0,05, nilai signifikansi tersebut menunjukan bahwa nilai residual berdistribusi normal, uji homogenitas menunjukan bahwa nilai signifikan 0,114 > 0,05 maka sebaran data tersebut homogen. Selanjunya Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 23 dilakukan dengan uji t yaitu uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS UPTD SD Inpres Lasiana Kota Kupang. Hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: wordwall, berpikir kreatif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YURNI MARTIANA NABUT - Personal Name
Student ID
2001140122
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NAB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA