Skripsi
PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V UPTD SD NEGERI TUADALE KABUPATEN KUPANG
XMLSkripsi oleh Anita Kaja. 2024 Nim: 2001140129. Dengan judul Penerapan Model PBL Berbantuan Media Animasi Dalam Pembelajaran Tentang Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan model PBL berbantuan media animasi dalam pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan model PBL berbantuan media animasi dalam pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang. Metode yang digunakan adalah penelititian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes evaluasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan presentase. Subjek penelitian adalah siswa kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang yang berjumlah 12 orang yakni 7 orang laki-laki dan 5 orang perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari jumlah murid 12 orang yang tuntas 7 (58%), tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, dapat mengerjakan LKPD, mendengarkan penjelasan dari guru, menenggapi pertanyaan guru, menyampaikan pertanyaan setelah mendengarkan materi pembelajaran dengan baik dan tuntas mengerjakan soal tes dengan benar, yang tidak tuntas 5 orang (42%), tidak tuntas karena kurang memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, belum mengerjakan soal dengan benar, kurang mendengarkan penjelasan dari guru, belum menanggapi pertanyaan dari guru dan belum mengerkan soal evaluasi dengan baik. Siklus II jumlah siswa 12 orang (100%), tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan guru menggunakan media pembelajaran, siswa mampu mengerjakan soal LKPD dengan benar, siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru, siswa mampu pertanyaan ketika mendengarkan pemaparan materi melalui media pembelajaran dan juga siswa mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan hasil siklus I 7 orang siswa dengan (58%) dan siklus II 12 oarang (100%) dengan demikian pembelajaran dengan penerapan model PBL berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning media animasi, Sistem pernapasan manusia, Hasil belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Anita kaja - Personal Name
|
Student ID |
2001140129
|
Dosen Pembimbing |
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani Afliyanti Dua Lehan - 19920322 201903 2 020 - Dosen Pembimbing 2 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 3 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86.06 Aja P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |