PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V UPTD SD NEGERI TUADALE KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V UPTD SD NEGERI TUADALE KABUPATEN KUPANG

XML

Skripsi oleh Anita Kaja. 2024 Nim: 2001140129. Dengan judul Penerapan Model PBL Berbantuan Media Animasi Dalam Pembelajaran Tentang Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan model PBL berbantuan media animasi dalam pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan model PBL berbantuan media animasi dalam pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang. Metode yang digunakan adalah penelititian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes evaluasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan presentase. Subjek penelitian adalah siswa kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang yang berjumlah 12 orang yakni 7 orang laki-laki dan 5 orang perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari jumlah murid 12 orang yang tuntas 7 (58%), tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, dapat mengerjakan LKPD, mendengarkan penjelasan dari guru, menenggapi pertanyaan guru, menyampaikan pertanyaan setelah mendengarkan materi pembelajaran dengan baik dan tuntas mengerjakan soal tes dengan benar, yang tidak tuntas 5 orang (42%), tidak tuntas karena kurang memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, belum mengerjakan soal dengan benar, kurang mendengarkan penjelasan dari guru, belum menanggapi pertanyaan dari guru dan belum mengerkan soal evaluasi dengan baik. Siklus II jumlah siswa 12 orang (100%), tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan guru menggunakan media pembelajaran, siswa mampu mengerjakan soal LKPD dengan benar, siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru, siswa mampu pertanyaan ketika mendengarkan pemaparan materi melalui media pembelajaran dan juga siswa mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan hasil siklus I 7 orang siswa dengan (58%) dan siklus II 12 oarang (100%) dengan demikian pembelajaran dengan penerapan model PBL berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning media animasi, Sistem pernapasan manusia, Hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Anita kaja - Personal Name
Student ID
2001140129
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani Afliyanti Dua Lehan - 19920322 201903 2 020 - Dosen Pembimbing 2
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 3
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86.06 Aja P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA