Penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Pada Pembelajaran Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Tentang Konsep Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Oenitas Rote Barat (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Pada Pembelajaran Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Tentang Konsep Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Oenitas Rote Barat (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Dengan Tujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa tentang perubahan wujud benda menggunakan model pembelajaran inquiri dikelas V SD Inpres Oenitas. Model pembelajaran penelitian yang digunakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes teknik analisis data yakni deskriptif dan kualitatif dengan subyek berjumlah 16 orang dengan rincian siswa laki-laki 6 orang dan siswa perempuan 10 orang. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Oenitas, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, sebanyak 10 siswa (62,5%) dari 16 subyek tuntas dengan nilai rat-rata 69,33 karena selalu memusatkan perhatian, selalu aktif dalam kelas, selalu bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok, dan tertib pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan 6 orang lainnya dari 16 subjek (37,5%) belum mencapai standar ketuntasan karena siswa kurang paham tentang model pembelajaran inquiri. Kebanyakan siswa bermain dengan alat dan bahan uji, kurang perhatian ketika sedang berdiskusi, kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil kerja, dan kurang bertanggung jawab dalam tugas kelompok yang diberikan oleh guru. Selanjut nya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat Yakni dari 16 subjek peroleh nilai rata- rata 85,67, 16 siswa tuntas dengan ketuntasan 100% karena selalu memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, lebih percaya diri pada saat berdiskusi dan menyampaikan hasil diskusi, selalu bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok, dan tertib pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran inquiri dengan materi tema 3 benda disekitar ku subtema 2 perubahan wujud benda, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti. Kata Kunci: model pembelajaran inquiri, wujud benda, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Maya Putri Abe Giri - Personal Name
Student ID
1601140267
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 GIR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA