UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS lV SD NEGERI FONTEIN 1

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS lV SD NEGERI FONTEIN 1

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bagian Tubuh Tumbuhan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving bagi siswa kelas IV Sd Negeri Fontein 1. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Fontein 1 yang berjumlah 24 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, tes dan wawancara. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data, dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada materi bagian tubuh tumbuhan. Hal tersebut di buktikan dengan data hasil pembelajaran. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 67,29 jika dilihat dari ketuntasan belajar siswa 12 siswa(50%) yang telah mencapai KKTP, sedangkan 12 siswa (50%) masih dibawah KKTP. Pada siklus II dengan rata-rata nilai mencapai 86,66 dilihat dari 24 siswa (100%) telah mencapai KKTP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Problem Solving dalam pembelajaran materi Bagian Tubuh Tumbuhan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Fontein 1.

Kata kunci:Pembelajaran Problem Solving ; Hasil belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Maria Reineldis Barkanis - Personal Name
Student ID
2001140030
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bar U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA