Analisis Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Peserta Didik Kelas VII Di UPTD SMPN 12 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Peserta Didik Kelas VII Di UPTD SMPN 12 Kupang

XML

Saat ini kehadiran smartphone telah merambat ke dunia pendidikan yang dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran untuk mendorong kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Penggunaan smartphone yang optimal sebagai salah satu media pembelajaran mempermudah serta memperkaya peserta didik dengan berbagai sumber belajar yang memadai yang dapat mendorong perkembangan kognitif mereka. Perkembangan kognitif yang baik tentu akan membentuk kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Penggunaan smartphone peserta didik kelas VII E di UPTD SMPN 12 Kupang pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung masih kurang optimal dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas ini masih tergolong rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan smartphone terhadap kemampuan berpikir kritis di UPTD SMPN 12 Kupang agar mengoptimalkan penggunaan smartphone untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian kuasi eksperimen dengan data yang diperoleh melalui soal pre-test dan post-test yang disusun berdasarkan indikator kognitif HOTS taksonomi Bloom serta lembar observasi aktivitas berpikir kritis yang memuat lima indikator aktivitas berpikir kritis. Peserta didik yang dijadikan sebagai sampel penelitian merupakan kelas VII E yang berjumlah 32 orang. Kemudian data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan Micrososft Excel dan SPSS versi 25.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan metode analisis uji t menunjukan nilai signifikan pos-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol lebih kecil dari 0,05 atau (0,000 < 0,05) serta nilai aktivitas berpikir kritis yang diperoleh peserta didik pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai yang diperoleh peserta didik kelompok kontrol pada setiap pertemuan, sehingga dengan ini hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII di UPTD SMPN 12 Kupang. Hal ini dikarenakan penggunaan smartphone sebagai salah satu media pembelajaran mempermudah peserta didik dalam menemukan berbagai informasi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.

Kata kunci : Smartphone, Berpikir kritis, Pembelajaran


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001040026
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 RIH A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA