Pola Pembiasaan Penanaman Karakter Disiplin Dan Kerja Keras Oleh Guru Terhadap Siswa Kelas Iii Sdi Namosain Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Pembiasaan Penanaman Karakter Disiplin Dan Kerja Keras Oleh Guru Terhadap Siswa Kelas Iii Sdi Namosain Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembiasaan karakter disiplin dan kerja keras yang biasa dilakukan oleh guru dalam kelas dan juga di luar kelas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekundr dan data primer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif (Miles dan Huberman) yaitu reduksi data, sajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat berperan dalam pembentukkan karakter anak sekolah dasar. Hal ini dibuktikan melalui hasil penelitian tentang pola pembiasaan yang dilakukan oleh guru dalam pembentukan karakter anak sekolah dasar di SD Inpres Namosain Kupang yang mengacu pada 2 aspek yang harus dilakukan oleh guru untuk dapat membentuk karakter anak dalam kegiatan pembelajaran yakni pertama, mengangkut dengan bentuk pola pembiasaan karakter disiplin yang biasa dilakukan oleh guru dalam kelas maupun di luar kelas dan kedua, menyangkut dengan bentuk pola pembiasaan karakter kerja keras siswa yang biasa dilakukan guru untuk membangun kebiasaan siswa dalam rangka pembentukan karakter kerja keras. Kedua aspek tersebut telah berhasil dilaksanakan karena dari setiap aspek yang diamati oleh peneliti dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti tentang pola pembiasaan penanaman karakter disiplin dan kerja keras kelas III di SD Inpres Namosain Kupang yang mana penelitian ini menunjukkan, bahwa peranan guru kelas dalam pembentukan karakter disiplin siswa SD Inpres Namosain Kupang yaitu guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, dan evaluator. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru tekait dengan pembiasaan rutin, pembiasaan keteladanan dan pembiasaan spontan yang kegiatan-kegiatan yang ada di dalam kelas maupun di luar kelas yaitu mengikuti kegiatan upacara bendera, melakukan kegiatan doa sebelum dan sesudah pelajaran, dan kerja bakti, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dengan mencerminkan kebiasaan mematuhi peraturan-peraturan yang ada di sekolah. Kata kunci: Pembiasaan, karakter displin , kerja keras


Detail Information

Item Type
Penulis
Jerlin Juita Thon - Personal Name
Student ID
1601140202
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 THO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA