Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MEDIA GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS V SD KATHOLIK STA. FAMILIA KOTA KUPANG
XMLMasalah penelitian yakni pembelajaran berpusat pada guru sehingga pembelajaran kurang menarik yang menyebabkan hasil belajar peserta didikrendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materiluas bangun datar kelas V melalui penerapan model pembelajaran inquiry denganmedia geoboard. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK yang terdiridari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjekdalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 22 pesertadidik. Teknik pengumulan data berupa observasi dan tes, sedangkan teknikanalisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan pada siklus I diperoleh persentase aktivitasguru sebesar 67%, persentase keaktifan peserta didik sebesar 64% dan rata-ratahasil tes peserta didik sebesar 59,02 dengan persentase ketuntasan 55%.Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase aktivitasguru sebesar 83%, persentase keaktifan peserta didik sebesar 86% dan rata-ratahasil tes peserta didik sebesar 84,23 dengan persentase ketuntasan 82%.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwapembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dengan mediageoboard pada materi luas bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar pesertadidik kelas V SD Katholik Sta. Familia Kota Kupang.
Kata Kunci: Inquiry, Geoboard, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Givena Felantika Quini Lenggu - Personal Name
|
Student ID |
2001140068
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Damianus D Samo, M.Pd - 19831231 201212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1 Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Len P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |