PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG DAUR HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEMENT DIVISION DI KELAS III UPTD SD INPRES BERTINGKAT KELAPA LIMA 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG DAUR HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEMENT DIVISION DI KELAS III UPTD SD INPRES BERTINGKAT KELAPA LIMA 1 KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Denada Luisa Manafe. 2024. 2001140052. Peningkatan hasi lbelajar siswa tentang Daur Hewan di Kelas III UPTD SD Inpres BertingkatKelapa Lima 1 Kota Kupang dengan menggunakan model pembelajaranCooperative Learning tipe STAD. Rumusan masalahnya adalah: bagaimana modelpembelajaran Cooperative tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswatentang Daur Hidup Hewan?. Tujuan penelitian ini Untuk meningkatkan hasilbelajar siswa pada materi tentang daur hidup hewan menggunakan modelpembelajaran Cooperative tipe STAD di Kelas III UPTD SD Inpres BertingkatKelapa Lima 1 Kota Kupang. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa, terdiri dari 15laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes,dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisisdata kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative tipeSTAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes prasiklus, nilai rata-ratasiswa adalah 44,09 menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa pada materidaur hidup hewan masih rendah. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkatmenjadi 60,74 dengan 37% siswa mencapai KKM, sementara 63% siswa belummencapai kriteria ketuntasan minimal. Hambatan pada siklus I termasukkurangnya penguasaan guru terhadap model pembelajaran dan kurangnyakesungguhan siswa dalam mendengarkan dan mengerjakan soal. Pada siklus II,terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata siswa mencapai 80,74, dimana semua siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Peningkatan inidisebabkan oleh peningkatan pemahaman siswa terhadap model pembelajarancooperative tipe STAD, serta peningkatan kesungguhan siswa dalammendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan soal, serta penguasaan guruterhadap model pembelajaran tersebut.
Kata Kunci: Cooperative Tipe STAD, Hasil Belajar, Daur Hidup Hewan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Denada Luisa Manafe - Personal Name
Student ID
2001140052
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala, S.Pd., M.Pd - 199200430 2002012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Sofia G. Un Lala, M.Pd_NIP. 19920430 202012 2 016 - - Penguji 1
Hartoyo Yudhawardana, S.Si., M.Si - 196911101999031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Man P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA