Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya Di Kelas IV SD Negeri Danau Ina Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya Di Kelas IV SD Negeri Danau Ina Kota Kupang

XML

Skripsi oleh Yunendi Maria Ati NIM 2001140120 PGSD 2024, dengan judul “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya di Kelas IV SD Negeri Danau Ina Kota Kupang” Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV A SD Negeri Danau Ina Kota Kupang pada pembelajaran tentang gaya dengan menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melalui 2 siklus berdasarkan tahapan – tahapan yang terencana dengan mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Danau Ina Kota Kupang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil observasi aktivitas guru siklus I memperoleh nilai yaitu rata – rata 69,64 dan siklus II memperoleh nilai rata – rata 93 dengan terjadi peningkatan aktivitas guru siklus I ke siklus II sebesar 23%, sedangkan hasil observasi peserta didik siklus I memperoleh nilai rata – rata 65,52 dan siklus II 90,65 dengan terjadi peningkatan observasi peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II, hasil belajar yang mencapai KKTP pada siklus I yaitu 18 siswa dengan persentase ketuntasan 69,23% sedangkan untuk hasil tes siklus II yang mencapai KKTP 24 siswa dengan persentase ketuntasan 92,30% jadi terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II 23%.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tentang gaya di kelas IV SD Negeri Danau Ina Kota Kupang.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUNENDI MARIA ATI - Personal Name
Student ID
2001140120
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Antonius Suban Hali, S.Si., M.Si. - 19780917 200912 1 004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ATI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA