Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas 4 SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas 4 SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang

XML

Skripsi oleh Dianadia Pandie NIM (2001140026) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2024 Dengan judul “Penggunaaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang sruktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas 4 SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan?. Dengan langkah-langkah mengatasinya peneliti mengunakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tes serta refleksi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yakni untuk mengatahui bagaimana penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelelajaran tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar di kelas 4 SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang. Metode yang di gunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi dan tes. Jumlah subjek penelitian 28 orang siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan melalui penggunaan model pembelajaran Problem based Learning, penelitian ini diadakan di SD GMIT Airnona 2 dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 28 orang, yang tuntas 18 orang (64%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, tidak bemain pada saat pembelajaran berlansung, mampu bekerja sama dalam kelompok, ikut aktif dalam berdiskusi, melaporkan hasil diskusi, mengerjakan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 10 orang (35%) dinyatakan belum tuntas karena tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pembelajaran berlangsung, tidak bekerjasa sama saat berdiskusi, suka mengganggu teman, belum sepenuhnya mengikuti pembelajaran dengan baik. Kekurangan guru yakni belum sepenuhnya menguasai kelas, guru belum membimbing murid pada saat kerja kelompok, guru kurang mengelolah kelas dengan baik. Selanjutnya siklus II dari 28 orang siswa dinyatakan tuntas berjumlah 24 orang (85%) dikarenakan siswa tidak asik sendiri, saling bekerja sama dalam kelompok, melaporkan hasil kerja sama di depan kelas dan sudah bisa mengikuti pembelajaran dengan medel pembelajaran Problem Based Learning, siswa percaya diri untuk memberikan pendapat atau menanyakan materi yang belum di pahami, mampu mengerjakan soal dengan benar, sedangkan tidak tuntas 4 orang (14%) dikarenakan siswa masih asik sendiri, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pembelajaran. Untuk 4 orang yang tidak tuntas pada siklus II akan diberikan remedial oleh guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci : Problem Based Learning, Stuktur Fungsi Tumbuhan, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dianadia Pandie - Personal Name
Student ID
2001140026
Dosen Pembimbing
Dr. Silvester P. Taneo, S. Pd. M. Si - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 19621004 198811 2 002 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 PAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA