Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fluida Statis
XMLTelah dilakukan penelitian peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan jenis penelitian pre-eksperimen yang terdapat satu kelompok eksperimen dan desainnya berupa Rancangan one grup pretest-postest. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis dengan penerapan model pembelajaran PBL dengan media animasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang, dengan sampel yang digunakan adalah 1 saja yaitu siswa kelas XI IPA 1. Variabel yang digunakan ada 2 yaitu yang pertama Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dengan memberikan media animasi dan yang kedua yaitu menggunakan variabel dependen/terikat yaitu hasil akhir yang didapat siswa setelah diberikan perlakuan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design (satu kelompok Pretest-Posttest).. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan soal tes pemahaman konsep denganTeknik analisis data menggunakan Uji t-test.diperoleh bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada taraf signifikan 0,05.
Kata kunci: Model pembelajaran PBL dengan media animasi, peningkatan pemahaman konsep
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sisilia Septi Ana Telik Taek - Personal Name
|
Student ID |
1901050038
|
Dosen Pembimbing |
Drs.FAKHRUDDIN, M.Si - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 1
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fakhruddin - 196812261994031002 - Ketua Penguji
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Penguji 1 Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Tae P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |