Pola Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Kepercayaan Anggota Pada Kantor Koperasi Pintu Air Cabang As Manulea Kabupaten Malaka

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Kepercayaan Anggota Pada Kantor Koperasi Pintu Air Cabang As Manulea Kabupaten Malaka

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi, dan faktor yang menghambat dan mendukung terjalinnya komunikasi dalam membangun kepercayaan antara Koperasi Pintu Air dengan anggota Cabang As Manulea. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan teori pola komunikasi organisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, merekam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Koperasi Pintu Air telah membangun kepercayaan anggota dengan melakukan komunikasi yang rutin dimana pesan berpusat pada manajer sebagai komunikator yang berhubungan langsung dengan anggota pada saat pertemuan berlangsung dan proses pembayaran cicilan, pola komunikasi Y yang berperan adalah para manajemen, dan komite guna untuk membantu meringankan tugas manajer sehingga yang berperan dalam penyampaian pesan juga dilakukan oleh manajemen dan komite yang bertugas sebagai perantara lancarnya komunikasi, pola komunikasi kepada anggota pada kantor koperasi pintu air dilakukan pada saat penyampaian pesan dari manajer dan manajemen kepada anggota mengenai pinjaman, dan tabungan anggota. Penyampaian informasi dapat dilakukan secara langsung, mulut ke mulut maupun melalui media whatsapp dan telepon. Pola komunikasi kepada atasan biasanya berupa informasi yang kurang jelas dan belum dipahami oleh anggota,juga kesalahpahaman terkait pinjaman dan tabungan anggota dan masukan-masukan pada saat pertemuan berlangsung maupun konsultasi langsung ke kantor. Selain itu komunikasi horizontal pada kantor koperasi pintu air cabang As Manulea juga terjadi dalam pertemuan ataupun pada saat rapat berlangsung antara sesama manajemen, komite, dan anggota untuk mengisi sehingga terciptanya komunikasi formal dan informal dalam membangun kepercayaan anggota pada kantor koperasi pintu air cabang As Manulea Kabupaten Malaka.

Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Pola Komunikasi Organisasi, Membangun Kepercayaan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
IDUBERCA HEDWIG HANE - Personal Name
Student ID
2003050096
Dosen Pembimbing
LUKAS LEBI DAGA - 195911121987021001 - Dosen Pembimbing 1
MARIA V.D.SWAN - 88290234119 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Ketua Penguji
MARIA V.D.SWAN - 88290234119 - Penguji 1
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 HAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA