Komunikasi Persuasif Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara Selama Bulan November 2020-Januari 2021)

Detail Cantuman

Skripsi

Komunikasi Persuasif Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara Selama Bulan November 2020-Januari 2021)

XML

Corona Virus Disease 2019 yang kemudian disebut covid-19 adalah penyakit
yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yang di identifikasi pertama kali di
Wuhan pada tnggal 31 Desember 2019. Komunikasi persuasif merupakan suatu
kegiatan pengalihan pesan dengan tujuan mempengaruhi pemikiran, perilaku dan
perbuatan melalui pendengaran maupun penglihatan. Penelitian ini dilatar
belakangi oleh pandemi covid-19 ang kemudian dikaitkan dengan bidang
komunikasi khususnya komunikasi persuasif. Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui saluran komunikasi yang digunakan
dalam proses komunikasi persuasif oleh Bidang Pencegahan dan Pengendalian
Penyakit selama Pandemi Covid-19 mulai dari bulan November 2020-Januari
2021. Setelah itu topik penelitian dan hasil penelitian ini dikaitkan dengan teori
Divusi Inovasi yang dikembangkan oleh Evert M. Rogers untuk melihat saluran
komunikasi yang digunakan dalam proses komunikasi persuasif oleh bidang
Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa selama pandemi covid-19 dalam proses komunikasi persuasif yang
dilakukan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menggunakan tiga jenis
saluran komunikasi yaitu saluran komunikasi internal dengan calling keliling
menggunakan mobil, media siar berupa radio yang disiarkan melalui Radio Siaran
Pemerintah Daerah TTU 95,8 MHz dan media cetak berupa poster dan spanduk
yang dipasang di tempat umum dan dapat dilihat oleh masyarakat. Pertama,
saluran komunikasi interpersonal: penyampaian pesan yang dilakukan melalui
siaran keliling dengan mobil promkes, melalukan penyuluhan dan diskusi dengan
secara langsung kepada masyarakat yang bertujuan untuk menjaga kredibilitas
pesan dan menyediakan informasi. Kedua, media siar: proses penyampaian pesan
persuasi mengenai pandemi covid-19 melalui saluran Radio Siaran Pemersatu
Daerah TTU (95,8 Mhz) yang bertujuan untuk menjangkau lebih banyak orang
dengan pesan-pesan persuasif yang ingin disampaikan oleh bidang P2P. Ketiga,
media cetak: sebagai saluran yang paling baik untuk memberikan sebuah
pengingat kunci pesan komunikasi secara tepat waktu, berdasarkan hasil observasi
dan dokumentasi peneliti dapat melihat bahwa bidang P2P menggunakan poster –
poster dan spanduk yang dipasang di tempat-tempat umum untuk mengingatkan
masyarakat tentang pandemi covid-19 dan cara pencegahannya.
Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Saluran Komunikasi, Covid-19, Bidang
P2P


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1703050048
Dosen Pembimbing
YOHANES K N LILIWERI - 198104132008121003 - Dosen Pembimbing 1
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohanes K.N. Liliweri - 198104132008121003 - Ketua Penguji
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Penguji 1
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA