Skripsi
Implementasi Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Nomor 162 Tahun 2021 Tentang Sekolah Penggerak (Studi Kasus Pada SMP Negeri 11 Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur)
XMLPenelitian ini berjudul Implementasi keputusan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi nomor 162 tahun 2021 tentang sekolah penggerak (studi kasus pada SMP Negeri 11 Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur).Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi keputusan menteri pendidikan riset dan teknologi nomor 162 tahun 2021 tentang sekolah penggerak (studi kasus pada SMP Negeri 11 Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur). Jika program sekolah penggerak ingin diimplementasikan sebagaimana mestinya, maka petunjuk pelaksanaannya harus dikomunikasikan secara jelas. Walaupun petunjuk pelaksanaannya disampaikan secara jelas, jika para pelaksana kekurangan sumberdaya, maka implementasipun cenderung kurang efektif. Dengan demikian, sumberdaya menjadi faktor yang penting pada implementasi kebijakan. Kecenderungan sikap kepala sekolah dan guru SMPN 11 Kota Komba dalam mendukung implementasi sekolah penggerak membantu konsekuensi yang penting terhadap jalannya program tersebut dan membantu birokrasi memilih bentuk-bentuk organisasi untuk kesepakatan kolektif. Oleh karena alasan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori George Edwards III (1980:148) yang menyebutkan empat faktor utama yang perlu diperhatikan dalam kaitannya implementasi program. Empat faktor tersebut, yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Disimpulkan bahwa implementasi program sekolah penggerak pada SMP Negeri 11 Kota Komba berjalan cukup efektif, hal ini dilihat dari penyampaian informasi sekolah penggerak yang jelas, pengalokasian anggaran terhadap kebutuhan program, dan sikap dukungan pelaksana kebijakan terhadap program sekolah penggerak. Namun perlu adanya upaya berkelanjutan seperti dukungan infrastruktur, penyediaan sumberdaya dan pelatihan berkelanjutan terhadap para guru
Kata kunci:Implementasi, program, sekolah.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIANUS SUPATRIOT JANUALDO - Personal Name
|
Student ID |
2003010151
|
Dosen Pembimbing |
DOMINIKUS FERNANDES - 196007191988031001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1 Theny I. B. Kurniati Pah - 19900405 201903 2 030 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 JAN I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |