Implementasi Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Nomor 162 Tahun 2021 Tentang Sekolah Penggerak (Studi Kasus Pada SMP Negeri 11 Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Nomor 162 Tahun 2021 Tentang Sekolah Penggerak (Studi Kasus Pada SMP Negeri 11 Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Penelitian ini berjudul Implementasi keputusan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi nomor 162 tahun 2021 tentang sekolah penggerak (studi kasus pada SMP Negeri 11 Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur).Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi keputusan menteri pendidikan riset dan teknologi nomor 162 tahun 2021 tentang sekolah penggerak (studi kasus pada SMP Negeri 11 Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur). Jika program sekolah penggerak ingin diimplementasikan sebagaimana mestinya, maka petunjuk pelaksanaannya harus dikomunikasikan secara jelas. Walaupun petunjuk pelaksanaannya disampaikan secara jelas, jika para pelaksana kekurangan sumberdaya, maka implementasipun cenderung kurang efektif. Dengan demikian, sumberdaya menjadi faktor yang penting pada implementasi kebijakan. Kecenderungan sikap kepala sekolah dan guru SMPN 11 Kota Komba dalam mendukung implementasi sekolah penggerak membantu konsekuensi yang penting terhadap jalannya program tersebut dan membantu birokrasi memilih bentuk-bentuk organisasi untuk kesepakatan kolektif. Oleh karena alasan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori George Edwards III (1980:148) yang menyebutkan empat faktor utama yang perlu diperhatikan dalam kaitannya implementasi program. Empat faktor tersebut, yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Disimpulkan bahwa implementasi program sekolah penggerak pada SMP Negeri 11 Kota Komba berjalan cukup efektif, hal ini dilihat dari penyampaian informasi sekolah penggerak yang jelas, pengalokasian anggaran terhadap kebutuhan program, dan sikap dukungan pelaksana kebijakan terhadap program sekolah penggerak. Namun perlu adanya upaya berkelanjutan seperti dukungan infrastruktur, penyediaan sumberdaya dan pelatihan berkelanjutan terhadap para guru

Kata kunci:Implementasi, program, sekolah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003010151
Dosen Pembimbing
DOMINIKUS FERNANDES - 196007191988031001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Theny I. B. Kurniati Pah - 19900405 201903 2 030 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 JAN I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA