Skripsi
Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Objek Langsung Pada Siswa Kelas IV UPTD SD Inpres Kuanino 3
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi
siswa kelas IV UPTD SD Inpres Kuanino 3 melalui objek langsung. Jenis penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa,
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data
yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Peningkatan dapat dilihat dari
kemampuan siswa yang meningkat dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi.
Nilai rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 69,42 pada
siklus II meningkat menjadi 88,71. peningkatan persentase siswa yang mencapai
KKTP dalam menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 46,42% dan pada siklus
II meningkat menjadi 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan
deskripsi siswa kelas IV UPTD SD Inpres Kuanino 3 pada mata pelajaran bahasa
Indonesia.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Imelda Balukh - Personal Name
|
Student ID |
2001140071
|
Dosen Pembimbing |
MARSELUS ROBOT - 196106011990031001 - Dosen Pembimbing 1
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Marselus Robot - 196106011990031001 - Penguji 1 Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : kupang,., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bal P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |